Alkohol… Wow!

Minuman beralkohol bisa menjadi salah satu bukti otentik akan kehebatan nenek moyang suatu bangsa dalam meramu minuman beralkohol *errgghhh… kalimatnya kok gak enak didenger ya?*. Maksudnya gini… Kalo denger “sake”, kita bakal langsung keinget ama Jepang. Kalo denger kata “Tuak”, kita bakal keinget ama orang Batak. Kalo denger kata “Vodka”, kita bakal keinget ama orang Rusia. Kalo denger “zamzam”? Ini perkecualian. Air zamzam gak bisa dimasukin contoh, soalnya itu bukan air racikan manusia.

Ngomongin apa sih? Mabok lu chanx?

Enggak… Enggak… Gw gak mabok kok. Gw cuma lagi kehabisan ide posting, jadi ingin ngebahas salah satu hal “tabu”, tapi banyak peminatnya di Indonesia. Untuk postingan ini, mari kita kesampingkan polemik agama halal-haram. Kenapa? Ya namanya juga minuman beralkohol. Gak lucu kalo masukin masalah agama kedalam pembahasan alkohol. Sama gak lucunya dengan ngebahas pemilihan presiden ketika kita nonton JAV dengan bintangnya si Maria Ozawa yang menggemaskan itu.

Kembali ke masalah alkohol. Apa itu? Kalo yang ngejawab alkohol adalah minuman memabukkan, maka orang itu harus gw pentung. Sekolah lagi yang bener sanah!!! Pake baju putih abu-abu lagi!!!! Alkohol sebenernya adalah senyawa kimia. Alkohol ini sangat banyak jenisnya, ada yang namanya metanol, etanol, propanol, butanol, dan ol-ol lainnya. Untuk minuman, alkohol yang dimaksud adalah etanol. Harus etanol! Gak boleh metanol! Peminum gak akan mabuk, melainkan akan segera bertemu malaikat maut kalo minum alkohol berjenis metanol.

Kenapa penting untuk ngebahas ol-ol seperti ini? Karena peminum di Indonesia ini kebanyakan bodoh. Gw gatel banget ingin nyetrum pake kabel listrik sutet ke pembuat minuman beralkohol oplosan yang nyampurin macem-macem ke minumannya. Salah seorang temen kuliah gw pernah dengan sangat bangga nyampurin cairan alkohol pembersih 70% yang dibeli di apotek, ke dalam bir yang di minumnya. Menurut dia, hal itu keren, karena berarti dia minum alkohol dalam kadar banyak. Ya ampuuuun. Alkohol pembersih itu mengandung metanol, alias racun! Untung si temen gak mati. Gw males aja kalo nanti ditanya orang laen, “Si anu mati kenapa?”. Masa gw harus bilang kalo dia mati keracunan alkohol pembersih? Gak elit kan?

chivasNah, minuman beralkohol sendiri banyak macemnya. Secara garis besar, terbagi atas bir, wine, dan spirit. Perbedaan masing-masing terutama dari cara pembuatan dan bahannya. Selanjutnya, berhubungan dengan kadar alkohol di dalamnya, yang lebih lanjut akan berhubungan dengan efek memabukkannya. Segelas bir merk “Guinness” atau “Bir Bintang” belum bikin mabuk peminumnya, tetapi orang biasa bakal langsung hilang kesadaran kalo minum segelas spirit kayak “Chivas Regal” atau “Absolut Vodka”.

Menurut om wiki, ternyata bir adalah minuman dengan konsumsi nomor tiga terbanyak di dunia, setelah air putih dan teh. Buset. Kopi aja bisa kalah. Bandrek, Bajigur, dan Wedang jahe juga kalah!

Untuk penggemar bir, ada satu tempat yang bisa jadi sangat legendaris. Dublin namanya.250 tahun yang lalu, di Ibukota Irlandia ini terciptalah suatu merk bir yang masih menjadi idola para penikmat bir seluruh dunia sampe sekarang. Guinness namanya. Bir karya Arthur Guinness ini khas dengan warnanya yang hitam dan rasanya yang unik. Saking banyak penggemarnya, tercatat lebih dari 10 juta gelas Guinness diminum oleh orang di seluruh dunia setiap hari.

guinness

Dublin sendiri kelimpahan keuntungan yang luar biasa dari Guinness ini. Storehouse Guinness, merupakan salah satu tujuan utama para turis ke kota yang sarat dengan keindahan bangunan tua ini, selain Gereja Katedral Dublin (berdiri 1038), Trinity College (1592), Dublin Castle (1204), dll. Perang Dunia yang tidak menghampiri wilayah Irlandia, dan keseriusan pemerintahnya menjaga benda-benda warisan nenek moyang, menjadikan bangunan-bangunan itu masih terawat hingga sekarang.

Selain Guinness dan bangunan-bangunan bersejarah, Dublin juga menghasilkan nama-nama tingkat dunia. Ada band U2, The Corrs, Westlife, bahkan Bram Stoker si pengarang Drakula. Belum lagi ceweknya. Beuuuuh. Geulis-geulis kalo kata orang sunda!

dublin

Ingin jalan-jalan ke Dublin gratis? Ada lomba blog dan lomba foto berhadiah jalan-jalan kesana loh. Ikutan gih! Gw mah males. Gak pernah menang kalo lomba-lombaan. Hiks hiks….

Tagged , , . Bookmark the permalink.

52 Responses to Alkohol… Wow!

  1. Monic says:

    Ngejelasiiinnnya koplaakk ya. Bikin ngakakk.haha

  2. michael says:

    emang minimun oplosan sudah semakin marak jumlah nya di negara kita ini..
    kenapa sih para pecandu minuman itu tidak terlebih dahulu cek keaslian minuman yg mau di minum…?

  3. yugiyooh says:

    kaowkoakwo… jangankan wine, JD, atau chivas.. bir item segelas bisa tepar gue.. langsung merangkak.. btw ni postingan rada kagak nyambung.. hehehee

  4. astiti says:

    Keracunan Etanol juga ada kok…. beda gejalanya aja :p
    mendingan minum Zamzamol…. ada ya?

  5. zee says:

    Wajar jg kalo bir dibilang konsumsi ketiga terbanyak di dunia.
    Dia sudah jd menu standard di setiap resto dan kafe. Banyak org memilih minum bir saat berkumpul dgn teman-2 karena bir memang memberikan sensasi relaks yang berbeda.
    Tp saya ga gitu doyan bir lagi, soalnya ujung2nya pasti kebelet mo kencing. 😀

  6. andyan says:

    jadi, ini posting dalam rangka nyari cewek dublin toh

  7. septa25 says:

    mantab…. tapi jangan minum yang enggak2 ah… bahaya… he he

    Salam

  8. Catra says:

    jadi pengen minum susu nih

  9. zenteguh says:

    atas petunjukmu saya ikutan mabok guinness hehehe..

  10. antown says:

    ooo gitu ya chanx..
    itu perbotol berapa ratus ribu harganya?

  11. Itik Bali says:

    Kang saya pernah minum alkohol
    rasanya gak enak banget
    lha yang saya minum alkohol 70 % sih
    he..he

  12. mata hati says:

    kok ga ada haniken chank.. konyol tuh yg bkin plosan..sebel

  13. mas stein says:

    jadi sampeyan ndak mau ngaku kalo ini postingan buat lomba? yang sampeyan tulis itu lagi banyak kejadian lho mas, di jawa timur sini masih banyak yang mati gara-gara miras oplosan, bener-bener cara meninggal yang ndak elit!

  14. geRrilyawan says:

    woo…pantes orang irlandia kalo di joke-joke gitu suka digambarin sebagai tukang mabok…

    itu ngembat isi chivas apa lagi mo ngemut botolnya bos?

  15. latree says:

    paling aneh yang mau mabok pake nyampur sprite ama autan segala. bikinnya udah sambil mabok juga kali ya?

  16. naki says:

    kirain advertising , ternyata bukan ya 😛

  17. warm says:

    kayaknya kali ini ente bakal memang deh, kang

    *tapi sayangnya, perkiraan & ramalan saya seringkali salah euy*
    :mrgreen:

  18. wuahh..wuahh..wuahh…
    kayaknya lebih enak es dawet chanx
    hahaha…

  19. kucingkeren says:

    jadi agen aja gmn, Chank? hehe

  20. -bias- says:

    ciuuu ciuuuu sebotolll

  21. hebat ini mas ichanx
    ternyata etanol dan metanol itu beda ya?

    udah pernah nyoba bir campur manson campur kratingdaeng?

    heheehhehe

  22. wiwin says:

    ck ck ck..tobat lah ichanx…balik ke jln yg benar, itu teh yg di poto lo bukan???

    di jerman sendiri jg bir masih di bilang beverages, bukan minuman beralkohol karena alasan bahwa itu hanya bir…hehehe…yaaa, faktor kebudayaan jg berpengaruh, disini (di jerman ato negara2 eropa lainnya) minum bir udh jadi kebiasaan, secara orang sini ga pada mau minum air keran, kecuali gw..hehehe..

  23. tuannico says:

    iya om.. tampak gobLok aja tu orang yang doyan ngopLos sana sini..

    gw juga pernah mabok gitu tu.. mabok uap.
    2 buL:anan berkutat di Laboratorium dengan etanoL 96%.. mantep om..
    racik 15%,10%,5% sendiri.. (buat peneLitian)

    dan dengan santai nya sayah cium itu semua aroma (cuma pengen tau aja bede persen beda bau nya gimana)
    hha. tampak giLa.

  24. frozzy says:

    ngewine-ngewine yukz…? *wink…wink*

  25. gwgw says:

    jujur chanx….gw gg pernah minum ginian. lha wong ngerokok aja gw gg suka….tapi gw salut lo dah tobat .

    tentang maria ozawa…..selera kita dalam hal ini masih sama chanx 🙂 he..he..he…

    tapi sekarang gantian…gw dah tobat. 🙂

  26. olvy says:

    ah, ichanxx…sekali lagi kau membuatku terngakak-ngakak dg ‘bahasa’mu ^^

  27. adipati kademangan says:

    waduh, cepetan sadar chanx, lu nyadar nggak kalo lu jadi pemenangnya

  28. Ade says:

    makasih infonyah.. segera saya teruskan pada suami yang hobi memotret.. klo saya mah hobinya dipotret hehehe..

  29. lala says:

    gambarnya palsu karna lu pasti ga sanggup beli.. kekekeke

  30. cynthinks says:

    uhuhuuhuh yoook ngebir bareng kaaang….
    *lagi seneng minum bir, terutama yg merah ato yg double malt*

  31. semoga menang selalu chanx

  32. kai says:

    ga pernah menang lomba?
    boong.. kan kemaren tu menang yg java jazz.. =P

  33. ata-unoe says:

    haduuuu gw udah insyaf dari beginian..
    *walopun kemarin negak 5 gelas frozen margarita, 2 sea breeze dan diakhiri dengan 2 shots of tequila*
    cuma yeee.. penasaran juga, kl misalnya ada ol-ol yang lainnya pastinya selain metanol yg bisa ditambahkan di kandungan si alkohol yg bisa setetes langsung mabok.. (inget mabok bukan MODAR)

    BTW gw ngomong apa sih? (gw masih hang over niw)

  34. Sarah says:

    drtd aQ bacanya puter2..katanya g ada ide, tau2nya yg dibhas komplit amat yach…hehehe, ttp aja yg diomongin mah dosa semua…*kabur*

  35. suci says:

    Halaaaaaaaaaaaaaaaah bilang aja postingan ini emang buat lomba… ya khan… ngaku aja deh..

  36. putrago says:

    wah hobi minum juga ya….heheheh

  37. Zulhaq says:

    bukannya postingan ini untuk lomba bang???
    lah, buktinya ngebahas guinness tuh!!!
    25o tahunnya pula…..

    *geleng geleng sinting*

  38. Zulhaq says:

    kelimaxxxxxxx belas!!!
    ah puas, sedikit lemas hi hi hi…

    wow, chivas kayaknya enak tuh he2…
    untungnya gw nggak suka minum yang aa kandungan alkohol
    kalo kandungan racun yang bikin otak lebih sinting, boleh juga
    kekkekkekk….

    ngomong2 lomba, yang kemarin gimana tuh???
    dapat harta karun nggak??? he2

  39. dilla says:

    yang paling sering lu minum yang mana chanx?

  40. lindaleenk says:

    ichanx….akhirnya dirimu kembali *pukpuk*
    =))

  41. Ina says:

    ADOHHH….SAYA TERSESAT…!

    *nyari jalan keluar*

  42. bayuhebat says:

    gua kaya nonton simpsons. awal tengah ama akhirnya gak ada yang nyambung. cuman disambungin ama benang tipis.

    Jangan tanya gua benang apa itu buat loe mungkin benang kolor

  43. ninda says:

    jadi kita ke dublin nih???minta chivas-nya dulu

  44. Fenty says:

    Loh ini bukan dalam usaha untuk menang, chanx ?? hahaha

    jadi ini salah satu hal tabu ya ?? 😀

  45. GiE says:

    Jadi, pengennya mabok di Dublin ya chanx? 😆

  46. ipied says:

    postingan lu gak seru ah chanx, berbau kuis gitu.. gw pikir mau posting pengalaman lu minum alkohol… :p

  47. -GoenRock- says:

    Itu bir kok kayak kecap ya? Item banget gitu 😯

  48. Pitra says:

    Menunggu posting berikutnya saja yang tidak ada hubungannya dengan kompetisi apapun :))

  49. emfajar says:

    wah asik juga tuh hadiahnya.. bisa ketemu u2 ga?

  50. niken says:

    Ichanx lagi mabok..cerita alkoholnya gantung..aarggh..*nenggak metanol*

  51. chemud says:

    elo tuch mosting alkohol ataw kuis sech chanx???
    *pentung*

    ichanxx…
    traktir wineeeeeee…………….!!!!!
    (mmm)

  52. Obi-Wan says:

    Jadi, posting ini bukan dalam rangka lomba itu, chanx? (thinking)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *