Gw Orang Indonesia… Dan Elu Juga!

Apa perbedaan utama orang Indonesia dengan negara tetangga tukang caplok a.k.a Malaysia?

Selain hal-hal memalukan seperti ekonomi yang kalah telak, budaya bangsa yang tercaplok, hasil hutan dan perkebunan kalimantan yang direbut secara terang-terangan, dll… Sebenernya kita punya satu hal yang seharusnya bisa membuat kita berdiri tegak dan bisa memandang remeh si negara yang merdekanya aja hasil pemberian penjajahnya (Beda ama kita yang merdeka karena nenek moyang kita berani berjuang angkat senjata).

BAHASA!

Dari jaman dulu, orang Indonesia bangga untuk berbicara pake Bahasa yang udah kita ikrarkan sejak Sumpah Pemuda. Yah, meskipun bahasa Indonesia-nya jauh dari bahasa yang baik dan benar (seperti blog gw ini misalnya). Tapi setidaknya masih Bahasa Indonesia. Atau, untuk orang yang satu suku, selama ini kita cukup akrab berbicara dengan Bahasa daerah masing-masing. Entah itu Jawa, Sunda, Padang, Batak, atau Bahasa apapun yang tersebar dari Aceh sampe Papua.

Orang Malaysia, bisa dibilang kena krisis identitas mengenai Bahasa ini. Meskipun ada bahasa Melayu, selama ini ada semacam perasaan “Bahasa Melayu gak keren” di diri mereka. Makanya, mereka lebih seneng pake Bahasa Inggris. Kita sering liat, sesama orang Malaysia dengan tampilan wajah yang sangat lokal, mereka malah ngobrol pake Bahasa Inggris. Di satu sisi, emang bagus… Secara Bahasa Inggris udah didaulat sebagai Bahasa Internasional. Tapi, gimana dengan nasib bahasa sendiri? Liat curhat beberapa Orang Malaysia tentang fenomena bahasa ini disini, disini, disini, ataupun disini.

Temen gw yang jadi kuli di Malaysia, pernah ngomong pedes ke temennya orang Malaysia “Bagi kita orang Indonesia… Bahkan orang paling pinter sesama lulusan universitas keren dari Amrik ataupun Eropa sekalipun… kita lebih bangga untuk ngomong pake bahasa Jawa daripada Bahasa Inggris. Atau kalo beda suku, kita bakal selalu ngobrol pake Bahasa Indonesia daripada Bahasa Inggris. Kita di Indonesia punya kebanggaan akan budaya warisan nenek moyang, gak seperti kalian di Malaysia.

Jleb. Keren! Keren banget tuh temen gw!

Bahasa Inggris emang penting. Hari gini gak bisa Bahasa Inggris? Ke laut aja lah! Untuk urusan pekerjaan ataupun pergaulan internasional, mau gak mau kita memang wajib bisa Bahasa Inggris. Tapi, apa karena Bahasa Inggris sedemikian mendunia, maka kita jadi malu pake Bahasa Indonesia? Harusnya enggak! Ngobrol dengan temen, keluarga, tetangga, bahkan rekan bisnis selama dia orang Indonesia, ya harusnya kita pake bahasa lokal dong. Entah itu Bahasa Indonesia sebagai “bahasa persatuan”, ataupun Bahasa daerah. Ngapain juga gw ngobrol pake Bahasa Inggris ke temen yang asli Klaten, Makasar, atau Padang?

Nah. Hasil penelitian gw di lapangan (penelitiannya tentulah sangat jauh dari standar metode penelitian ilmiah), kayaknya budaya malu berbahasa Indonesia udah mulai menggerogoti bangsa ini, terutama di kalangan “berpendidikan” di perkotaan. Bayangin aja, dateng ke kantor temen, si resepsionis yang jelas-jelas bertampang “Indonesia banget” negur gw pake Bahasa Inggris. Emang gw ada tampang bule, apa? Atau ngobrolin proyek ama temen yang jelas-jelas orang Semarang, pake Bahasa Inggris juga. Bahkan ngebahas pentingnya persatuan sesama orang Indonesia, bahkan kegiatan sosial, kita lebih sering pake slogan-slogan berbahasa Inggris (Siap-siap dimarahin ama temen-temen yang aktif di IndonesiaUnite, Blood For Life, dll. Hahaha).

indonesiaCukup! Mulai detik ini, gw berikrar : Meskipun bahasa Indonesia gw sangat berantakan dan bukan Bahasa Indonesia yang baik dan benar (kecampur dengan bahasa pergaulan dan bahasa sunda), tapi gw akan selalu menggunakan Bahasa Indonesia ke siapa aja yang punya KTP Indonesia dan/atau Bahasa Sunda ke orang yang gw tau banget ngerti Bahasa Sunda.



SUARAKAN AKSIMU!!!!!!

Banggalah dengan BAHASA INDONESIA!!!!!
Yeaaaaahhhhhh!!!!!

*lagi kesambet cinta tanah air*

Tagged . Bookmark the permalink.

140 Responses to Gw Orang Indonesia… Dan Elu Juga!

  1. semangat indonesia tetap jaya di hati. dan tak kan perna henti.

  2. mashudi arif says:

    la seng komen akeh temen gan..

  3. nuraeni says:

    Merdeka Indonesia,..!!!!

    nice post..:)

  4. Mantap gan postingnya, membangun rasa nasionalis kita. bangga saya bangsa kita, bahasa indonesia bahasa yang mahal. orang asing aja banyak yg belajar bahasa indonesia. jangan lupa berkunjung ke blog ku yah yg pake pake bahasa indonesia http://sewa-mobil-bali-murah.blogspot.com

  5. YUPS… kita harus bangga pada Bahasa kita. gak perlu malu pake bahasa indonesi karna kita memang ORANG INDONESIA.

  6. ambil positifnya aja dari luar, demi kemajuan hidup kita

  7. Blognya menarik, saya tunggu artikel lainnya..

  8. Artikelnya bagus dan informatif

  9. Informasinya menarik, saya tunggu artikel lainnya….

  10. yan anderson says:

    q yg dah diluar negeri aja klo ketemu sesama orng indo wajib bhs indo.tapi q heran bnyk kok orng indo yg tinggl di amrik sini sok ngebahasa inggris ke q’tapi kujwb aja pake bhs indo.kapok loe

  11. thanks to info,,,saya sangat bangga tinggal diindonesia,,,semangat dan terus berjuang ya,,,

  12. bener sekali ya,,,kita anak indonesia mesti harus berbahasa indonesia selamanya,,,,hidup terus dan selamanya indonesia,,,

  13. ima says:

    keren bgt artikel lo bro….
    bhs Indonesia mmg bhs persatuan jd jgn pernah malu pake bhs sendiri…
    hidup INDONESIA….. ^_^

  14. yogie says:

    ok juga artikel nya…..

  15. warm says:

    setuju 1000 %

    hidup bahasa kampung
    ๐Ÿ˜€

  16. ah boleh juga tuh artikel nya ,,,
    Semoga kita sebagai warga negara Indonesia, bisa membawa nama baik negara kita .

  17. womanation says:

    hehehe… emang bener kata lo, chanx.. bahkan blog gue pun judulnya pake bahasa ingrris and di dalemnya ada kalimat2 yang campur2 pake bahasa inggris.. patut dihukum neeeh….

  18. Siddiq Basid says:

    two thumbs up….
    eh kok malah pke bahasa inggris…
    ralat…
    dua jempol deh mas…

  19. morishige says:

    setuju, paman! ganyang aja tuh sekalian para artis yang sok2an british.. ๐Ÿ˜€

  20. darnia says:

    hiks…jadi pengen ngerek Ichanx ke tiang gantungan ..eh bendera …

    keren abizz

  21. ivycantik says:

    ….โ€œBagi kita orang Indonesiaโ€ฆ Bahkan orang paling pinter sesama lulusan universitas keren dari Amrik ataupun Eropa sekalipunโ€ฆ kita lebih bangga untuk ngomong pake bahasa Jawa daripada Bahasa Inggris. Atau kalo beda suku, kita bakal selalu ngobrol pake Bahasa Indonesia daripada Bahasa Inggris. Kita di Indonesia punya kebanggaan akan budaya warisan nenek moyang, gak seperti kalian di Malaysia.โ€œ…

    Kayaknya yang ngomong ini gw deh…
    Ceritain obrolan gw ma temen lokal di sini yang tampang melayu abis, tapi gengsi banget ngomong melayu… hihi..
    BTW, kabar terbaru, sekarang si temen uni itu, san… kalo ngomong Jakartaan banget… setengah mampus berusaha pake kate elu, gue, dong, sih, banget dll kalongomong ma uni… hihihi… keukeuh weee… kagak mau ngomong melayu…

  22. minanube says:

    betul canx, tapi kadang saya juga pakai bahasa inggris di twit n status facebook biar gaol he5x…

    harus bangga sama negara sendiri ๐Ÿ™‚

  23. ai says:

    PERMISI….
    blh tukaran link mas???
    ^_^

  24. Domba Garut! says:

    Juragan, meski disadari atau tidak.. kita ini adalah dutabesar bagi bangsa dan negara dimanapun kita berada saat di luar negeri dan saat berinteraksi dengan rekan antar-bangsa.. seyogyanyalah kesadaran itu menjadi panduan penuh bagi masing-masing individu..

    Nasionalisme adalah jangkar penting dalam mengarungi samudra globalisasi dimana masing-masing budaya dan tatanan nilai asing dan ‘global culture’ itu senantiasa secara sistematik menggerus nilai budaya lokal/nasional – itu perlu diwaspadai dan disiasasiti.

    Biarlah mereka, tetangga kita itu berlaku bagaimana maunya, yang penting kita urus budaya kita, warisan kita dan rumah kita sebaik mungkin dengan kemampuan mandiri dan kapabilitas individu yang makin terampil. Nasionalisme adalah keharusan namun dalam setting pergaulan internasional hendaknya tidak menjadi membutakan interaksi kita.

    Salam hangat dari kita-kita, Indonesian Peacekeepers pada misi PBB di Afrika Barat!, lama memang saya belum sempat mampir dan ngopi disini ๐Ÿ˜€

  25. naki says:

    walahh , jadi malu nih , gw sering lho pake bahasa gado2 ma orang skitar * ngaku dosa *

  26. Cah Gembagus says:

    asemik… dirasani malah ganti “ayan”… (doh)

  27. Cah Gembagus says:

    Malesia emang kagak punya budaya!..
    btw:security-word-nya kok ambeyen mulu sich?

  28. kanglurik says:

    guwa ikutan chank…..

  29. suci says:

    Ichanx…. what’s up man???!!! ๐Ÿ˜› hahaha…
    Kesambet pahlawan lu?

  30. frozzy says:

    *berniat ngadoin ichanx Cinca Lowra*

  31. cK says:

    ini ikut lomba blog yang bahasa itu ya? ๐Ÿ˜•

  32. aditya says:

    semoga komentar q smpet dibaca,emang malaysia negara pencuri,bahasa melayu yg mereka pakai masih jauh di bawah bahasa kita,bila d tinjau dari segi keindaham,mereka juga nyuri bnyk ilmu kita,dan juga harga diri kita sebagai bangsa besar di asia tenggara,pdhl dlu mereka masuk wilayah majapahit,nenek moyang kita…

  33. yulan says:

    pangesto kang. udah dari saya jaman kelas 1sma kyknya sih.. taun 2001an mungkin.. hehe.. ternyata icang skrg udah makin tua yak.. ๐Ÿ˜›

    nice blog.
    sering2 posting yg baru atuh pak haji,biar saya bisa ketawa..

  34. salsa says:

    udah mulai banyak tuh chank ibu2 yang ngajarin anaknya untuk pake bahasa inggris, terutama mbok2 dari desa yang sok kawin ama bule kaga mau lagi ngborl pake bahasa indo. gw di inggris juga ketemu cewek indo yang kaga mau ngomong indo lagi. keseleo kali lidahnya kebanyakan keju

  35. adipati kademangan says:

    *tanggal sumpah pemuda dah lewat mas*
    Kapanpun itu, meski bukan tanggal 28 oktober, Bahasa Indonesia akan tetap menjadi kebanggaan warga negara Indonesia

  36. mata says:

    merah darahku putih tulangku pokoknya

  37. Ade says:

    Aih ichanx tumben nih.. kesambet apaan chanx? hehehe

    abdi tiasa nyarios sunda *ngan sakitu2 we tiasa na mah hhehehe*

  38. damalyk says:

    hidup INDONESIAA,,
    INDONESIA hidup,,

    salam kenal,,

  39. tuteh says:

    Iya, Chanx…. Malay itu masih dijajah secara bahasanya… :p lebih suka bahasa Inggris ketimbang melayu ๐Ÿ˜›

  40. belgaman says:

    pantes jeung aing maneh ngomong make sunda wae

  41. Itik Bali says:

    yang pasti saya bangga karena nilai bahasa Indonesia saya selalu bagus..
    tapi matematika jeblok..he..he
    ngga nyambung ah komennya

  42. sherinesky says:

    gw seneng banget baca postingan lu yang berbobot kayak gini, jarang2 soalnya.. HAHAHAH becandaaaaaaaa *disetrum*

    btw, gw setuju banget sama tulisan lu. gw cinta bahasa indonesia, meski kadang suka pengen nulis pake bahasa lain, tapi bukan berarti gw gak menghargai bahasa ibu gw. eh kecuali, nulis review loh yaa.. hahahaha

    btw lagi chanx, kali ini gw dapet “kolera”.. cihuyyy!!

  43. mahardhika says:

    huaa akhirnya kembali lagi mas..
    kangen tulisannya…. ๐Ÿ™‚

    Btw maksi atas koreksi nya ^^

  44. anderson says:

    Kemana aja Chanx, dah lama ga nongol? Sekali-kalinya nongol, langsung dengan jiwa patriotiknya… *plok..plok*

    Hayoh…ditunggu lagi tulisan-tulisan segernya…

  45. fahmi! says:

    eh, jadi gimana kabar lanjutan si otong dan rumah nomer 12345? hihi ๐Ÿ˜€

  46. NoRLaNd says:

    Yang penting Dihati aja, tidak usah di tunjukkan ๐Ÿ™‚

  47. melly says:

    Aku pun CINTA BAHASA INDONESIA ๐Ÿ™‚

  48. fanz says:

    gue cuma make bahasa inggris kalo nulis review aje. huehueheue

  49. devishanty says:

    nyepet aing nya cang??? *berhubung komen terakhir di blog aku* hahahahahahaha
    aku mah lagi belajar cang, bisi lupa, harus terus dilatih, soalnya lagi jadi guru les ainglish nih hehuehuehe barijeung masih belepotan oge

  50. Rizal says:

    Merdeka .. Hidup Indonesia ..
    harus Banggda donk dengan Bahasa kita Bahasa Indonesia, org bule aja susah ngomong Bahasa Indonesia ..

  51. suton says:

    gw orang indonesia… dan elu juga…
    ketemu orang sunda, madura, dll untuk berkomunikasi gw slalu pake bhs indonesia..
    bhs inggris dikit2 doang..
    susahnya kalo loe posting pake bhs sunda gw gak ngerti. bisanya cuma kumaha damang chanx…

  52. iks says:

    berarti kepala *header* blog ini musti diganti jadi ICHANX SI ANAK AJAIB *Ichanx the miracle* …wkwkwkwkk ๐Ÿ˜›

  53. didta says:

    Hidup Indonesia!, mampir keblog saya juga ya

  54. Balisugar says:

    Kalau begitu mari kita pakai bahasa Indonesia yang baik dan benar, jangan dicampur pake kulub sampeu ๐Ÿ˜†

  55. NoRLaNd says:

    Ah, kalo gw mah bangga bener berbahasa indonesia…. Walaupun belakangan ini udah jarang di pakai, secara tinggal diluar kota -_-a

  56. Pucca says:

    hoi ichanx, jadi selama ini bertapa ini toh wangsitnya?
    iya, kita harus cinta bahasa kita sendiri, tapi susah juga ya, abisan di pekerjaan dituntut mesti bisa bahasa inggris sih chanx, kalo kita gak ngomong kapan kita latian? haha..

  57. Im3th says:

    Ichank gw beli buku lo yang bankir sesaat itu..lucu wakakakak..ayo donk bikin buku lagi. Emang bener ya, kita kudu bangga ama bahasa Indonesia. Gw juga lagi empet ama malaysia..selain ama kasus2 nyolong yg kemarin, kemarin ada orang malay kirim email ke gw, minta dikasih tau supplier baju anak langganan gw di singapore, katanya dia mau beli langsung ama supplier itu di singapore buat dia jual di Malaysia, dia gak mau beli ama gw. Gila apa,,,mana mungkin gw kasih tau ? lagian kenapa juga gak beli aja ama gw, pake2 mau beli langsung ama suplier gw di spore. gw aja nyari supplier setengah hidup, eh dia enak2aan…errrgghhhhh. sorry jadi curhat colongan. Ijin link blog lo ya???

  58. made gelgel says:

    salam kenal mas ichanx ๐Ÿ˜€

  59. Ifa says:

    hahaha..aku tersindir

  60. anny says:

    Hidup Indonesia!!! Aku juga bangga nih punya Indonesia ๐Ÿ˜€

  61. aNna says:

    betul betul betul *versi unyil*

  62. mel says:

    gw juga org indonesia,,cinta indonesia..tp blog gw bahasanya inggris,,,menurut lo mengurangi cinta gw ga?,,ga kan?

  63. sybond says:

    sybondยฎ like this

    meh, anti-spam word: hernia (annoyed)

  64. neng oCHa says:

    whuaaaa….you rock, chanx!! :-*

  65. zam says:

    Indonesia itu unik. pernah gw pusing gara-gara nanya arah ama orang Sunda, dijawab pake bahasa Sunda halus. mampus! itu bapak gak bisa bahasa Sunda pula! keren!!

  66. adi isa says:

    hidup bahasa indonesia
    hidup kang ichanx

  67. GiE says:

    Saya bangga jadi urang Sundanesia. :mrgreen:

  68. Bang Aswi says:

    Mencintai bangsa sendiri itu suatu keharusan, termasuk bahasa Indonesia….

  69. ariwolu says:

    Wah mantep bgt kang ichanx ieu teh…
    Tulisannya berbobot, gak jadi politikus aja kang

  70. carra says:

    setuju chanx sama postingan ini mah… kalo sesama orang jawa sih enakan basa jawa chanx… ga usah mikir soalnya ๐Ÿ˜†

    *timpuk kibod*

    pa kabar chanx…??

    *ambil kibodnya lagi*

  71. antown says:

    walah chanx, kalau kita ketemu tak ajari boso jowo wokeh?!! >> bahasa inggris juga ya sumbernya.

  72. om ichax…maaf khan daku jika bahasa Indonesia saya belum baik…

    *takut digampar…soalnya keknya berapi-api bener…:D

  73. andyan says:

    merdekaaaaaa!!!!!!!!!!!!

  74. thuns says:

    Cukup! Mulai detik ini, gw berikrar : Meskipun bahasa Indonesia gw sangat berantakan dan bukan Bahasa Indonesia yang baik dan benar (kecampur dengan bahasa pergaulan dan bahasa sunda), tapi gw akan selalu menggunakan Bahasa Indonesia ke siapa aja yang punya KTP Indonesia dan/atau Bahasa Sunda ke orang yang gw tau banget ngerti Bahasa Sunda.

    berarti kalo mo ngomong sama orang mesti diliat dulu KTP-nya dong…! ribet amat sih?! ๐Ÿ˜›

  75. masova says:

    Kasian orang-orang melayu itu yah. LOL. Krisis identitas.. Penah baca pas debat2 malingsia itu, mereka ngomong makek elo-gue dan istilah2 bahasa gaul kita.. Hahahag..

  76. aLdo says:

    lu ikutan kuis dri mana, lagi, chanx??? hehehehehehe…

    stuju!, gunakan bahasa indonesia yg baik dan benar! dimulai dari blog elu, chanx!!! ๐Ÿ˜€

  77. isnuansa says:

    hahaha. setelah herpes, keluar ambeyen. Kok ya hobby nama-nama penyakit sih ini anti spamnyah…

  78. isnuansa says:

    Chank, gw tadi pagi-pagi banget ke sini pake opera mini, baru ada dua yang komentar, padahal pengen ketigaxxx, tapi dasar apes, browser gw gak terima gambar, jadi ga bisa masukin si HERPES anti spam itu…

    Jadi deh lupa buat komentar, padahal gw dah baca sampe tamat tulisan ini.

    Gw sih bangga pake bahasa jawa apalagi kalo ketemu sesama orang Klaten, wong yang paling faseh ya cuman itu. Bos gw yang batak aja gw ajak ngomong jawa. Hahaha…

  79. Aribicara says:

    temen lu kern juga tuh prinsipnya Bro ๐Ÿ˜€

    gue juga tetep bangga sm Indonesia poenya ๐Ÿ™‚

    Salam Bro ๐Ÿ™‚

  80. olvy says:

    Akhirnya….dah lama banget aku menanti tulisanmu…*ehem..ehem..uhuk..uhuk*
    salut deh ama nasionalisme mu ^^

    makan es krim enaknya dijilat
    ditambah makan buah kedondong
    biarpun postingannya telat
    teteup kutunggu di blognya ichanx dong *maksa.com*

  81. Andhika says:

    mararantap Chanx. kuduna di posting pas sumpah pemuda kemaren

    tapi lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali

  82. Chic says:

    chanx.. chanx… sumpah pemuda udah lewat…
    telat banget sih lo! ๐Ÿ˜ˆ

    *kabur sebelum disambit bajaj*

  83. Yu2n says:

    ciee… mantap juga nih rasa nasionalisme si ichanx di postingan ini.. ๐Ÿ˜† setuju banget broooo!
    *tadi pagi sarapan apa chanx?* :mrgreen:

  84. kips says:

    Saratus persen atanapi langkung upami tiasa mah, panuju tur ngadukung prinsip sareng ikrarna (rock)

  85. itikkecil says:

    tumben lo bikin postingan yang gak sesat
    *minggat*

  86. Riki Pribadi says:

    Ichanx The Miracle jadi diganti ama Ichanx Si Keajaiban donk…hahahaha

  87. maoels says:

    ternyata c’mang ichanx masih idup,,, hahahaha.. tumben nge post nya beginian salah makan kali ya? ato baru salah intip kamar mandi nenek2? di ceramahin tentang perjuangan c’kakek merebut kemerdekaan bangsa… hahaha bay de wey lumayan lah cukup “neunggeul” arurang sadayana. long live for indonesia lah… (tuh kambuh make bahasa batur)

  88. de asmara says:

    wooo… tentu dooong!! bahasa ibu gitu lho!
    yg keren tuh salah satu produser di kantor gue, namanya Pak Wayan. pas lagi ada tamu orang bule gitu, pak Wayan menjabat tangan si bule sambil menyapa, “HALO, APA KABAR?”
    padahal Pak Wayan Inggrisnya jago lho! Dan yg disapa orang bule lho! waaahhh…. hebat dia!!

    • ichanx says:

      betul tuh pak wayan… bule yang ke indonesia, sebenernya pasti minimal udah tau arti bahasa standar kayak “apa kabar”, “selamat pagi”, dan “terima kasih”. hihi

  89. maoels says:

    ternyata c’mang ichanx masih idup,,, hahahaha.. tumben nge post nya beginian salah makan kali ya? ato baru salah intip kamar mandi nenek2? di ceramahin tentang perjuangan c’kakek merebut kemerdekaan bangsa… hahaha bay de wey lumayan lah cukup “neunggeul” arurang sadayana.

  90. yudi says:

    maafkan kalo bahasa indonesia saya masih terbata-bata gini chanx :mrgreen:

    *bangga banget gw bisa bahasa indonesia

  91. achoey says:

    janten upami sareng abdi mah nganggo basa Sunda nya?
    Tapi pakai bahasa Indonesia juga lebih baik kan?

    lami teu patepang ๐Ÿ˜€

    • ichanx says:

      sumuhun akang… bade indonesiaan atanapi susundaan ge sareng abdi mah sawios… nu penting ulah i-ingrisan… harateul cepil! :))

  92. Ah, banyak juga kok orang indonesia yg sok british… padahal muka pribumi abis.
    ato yg pake bahasa Indonesia, tp bahasanya kacau kayak gue, gak pake bahasa baku. hahahah…
    tp banyak cara kok untuk menghargai negara dan bahasa kita ๐Ÿ™‚ tanpa perlu harus maksa berbicara pake bahasa Indonesia yang baku.

    ciee ichanx, postingannya mantap lah!

  93. ipied says:

    chanx, lama ndak nulis neh? eh giliran nulis wedehhh kesambet apa lu chanx? ๐Ÿ˜€ hahaha

    ini harusnya postingan pas sumpah pemuda kemarin chanx pas 28 oktober :p

    tapi setuju sama lu, ahhh saya sering menjumpai orang2 yg sok keminggris itu di jakarta.. fiuhhh dengernya rasanya jengah. untuk apa sih harus sok keminggris, apalagi kalo pas pesen bakso, pesen makan di pinggir jalan? mau pamer ceritanya ya?

    gunakan bahasa inggris pada tempatnya, kayak di les2an bahasa inggris, sekoalahan pas pelajaran nginggris, atau ketemu klien orang asing. sisanya bahasa indonesia + jawa saja kalo saya hehehe :p

  94. zulhaq says:

    Merdeka!!! Merdeka!!! Merdeka!!!
    Gw bangga berbahasa indonesia. Saking bangganya, ketemu bulepun ngomong bahasa indonesia. Lah, mereka yang nyari uang kesini kok…

    Sebenarnya sih karena bodoh hahahahaha. Tapi gw gak perlu kelaut, gw ke hutan aja dah

    Pantesan aja lw baru nongol yah, teryata sibuk bolak balik malasyia naik perahu karet, untuk melakukan penelitian itu!!!

    *pergi dan berlalu*

  95. yeaaaaaah bang ichanx mantaaaaaaaaaps …
    btw mengenai blog yg mw di optimasi mana bang ?!?
    email ke get.motivasy@gmail.com bang alamat2 blognya ๐Ÿ™‚

  96. putri mimpi says:

    iya gw juga cinta tanah air, buktinya gw rela kerja di bank feodal milik pemerintah ini, dg harapan keuntungan dari hasil kerja gw bisa disumbangkan bwt bangsa dan negara kita.. merdeka!!

  97. Fickry says:

    Untuk urusan pekerjaan ataupun pergaulan HOMOSEKSUAL, mau gak mau kita memang wajib bisa Bahasa Inggris.
    ???????

    ^^#^#$$&$&***%*%%(%(%(%(%((((

  98. astiti says:

    Hiduplah Indonesia Raaayyaaaa.

    Ketukan 4/4.

    Yak!!

  99. geRrilyawan says:

    merdekaaaaaaa….!!!
    setuju! apalagi ga yang kayanya bakal terpaksa piknik ke laut gara-gara kemampuan bahasa enggres gw setali tiga uang sama kemampuan ahmad dhani nyanyi ๐Ÿ˜€

  100. kai says:

    setuju!!!

    tp gw sih sering nyempilin beberapa kalimat english di blog, tujuannya ya bwt latian.. supaya kalo ketemu britnispirs, gw gak gagap.. ๐Ÿ˜€

    btw sebulan ni kemane aje chanx? abis bertapa dimane?

  101. arman says:

    gua juga bangga dengan bahasa indonesia dan bahasa jawa. haha.

    dari dulu gua selalu heran lho ama orang2 indo yang kalo ngomong ama sesama orang indo tapi pake bhs inggris. gua berasanya kok sok sekali. tapi emang ada aja lho orang2 seperti ini. biasa ya orang2 yang emang lulusan luar negeri. tapi ada juga yang orang2 lulusan lokal (dan mungkin malah gak pernah ke luar neger) tapi sukanya ngomong bhs inggris. entah kenapa.

    mungkin karena mau latian ya biar lancar.

    seperti kata lu, sebenernya ada bagusnya juga. tapi tetep rasanya gak sreg kalo buat gua. dan pada akhirnya emang gua gak terlalu bisa bhs inggris sih jadi mungkin sirik aja ya ama orang2 yang pada lancar ngomong inggris. huahahaha.

  102. Faye says:

    kirain udah lupa sama blognya ๐Ÿ˜€

    kalo dicampur2 boleh?
    *lah malah nawar, emangnya di pasar*

  103. Wempi says:

    wempi biasa pake bahasa tubuh chanx.

  104. venus says:

    kesambet apaan chanx? gyahahaha….

  105. hin says:

    Pertamax?
    Kemana aja Chanx?
    Kapan bikin buku lagi?
    Good luck bosz..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *