Hatur Nuhun Gusti Allah, Persib Juara!

logo persib

Kalau ngomong sepakbola, buat sebagian besar warga Bandung dan Jawa Barat, mungkin hanya ada satu nama yang jadi pemersatu. Persib Bandung. Betul, gak semua orang suka sepakbola. Tapi kalo tentang Persib, dari anak-anak sampe kakek-kakek, cowok ataupun cewek, orang Sunda maupun pendatang yang sempet ngerasain taun 90-an di Bandung, kalimat pendek “Hidup Persib!” pasti pernah keluar dari mulut mereka. Entah pas lagi nonton Persib di TV, di stadion, nongkrong di warung, belanja di pasar, ataupun becandaan di saat gak ada hubungannya sama sekali dengan sepakbola.

Begitu penalti Ahmad Jufriyanto mastiin kemenangan Persib di Final, rasanya bahagia tak terhingga. Dada sesek nahan seneng, bulu kuduk tiba-tiba merinding. Reflek, teriak “Allahu Akbar!” – which is nyonya ichanx yang bukan orang Bandung sampe geleng-geleng bingung liat kelakuan suaminya depan TV. Ya gimana lagi atuh. Butuh 19 tahun buat Persib bisa kembali ngerasain titel juara. Terakhir juara, rasanya gw masih SMP atau menjelang kelas 1 SMA (tahun 1995). Bayangin, 19 tahun! Dari si Adli, ponakan gw, belum lahir, trus lahir, trus sejak balita dicekokin atribut Persib di kamar gw, sampe sekarang dia udah SMP dan jadi bobotoh Persib juga persis seperti pamannya ini. How cool is that?

fenny - adli - ichanx

Mungkin banyak orang gak akan abis pikir, gimana ceritanya walikota macam Ridwan Kamil mau bela-belain buka baju untuk kompak dengan bobotoh di Palembang, dan bahkan ngebotakin kepala gegara nazar Persib Juara-nya. Tapi, itulah Persib. Gak ada penjelasan ilmiah kenapa umumnya masyarakat Bandung dan Jawa Barat bisa sedemikian fanatiknya dengan Persib. Bahkan pas hari Minggu 9 November diadain pesta rakyat di Gasibu, plus arak-arakan Persib di beberapa jalan utama Bandung, lautan manusia beratribut biru yang tumpah di seantero Bandung entah segimana banyaknya. Macet total hampir di setiap sudut kota.

Meskipun banyak oknum (oke, mungkin lebih tepat disebut gerombolan) bobotoh yang suka bikin ribut, tapi tentunya lebih banyak bobotoh yang cinta Persib dan cinta damai. Ini PR buat manajemen Persib untuk bisa ngerangkul dan ngebawa bobotoh untuk bisa mendukung tim kesayangannya dengan cara positif dan gak ngerugiin pihak lain.

#PersibJuara yang jadi tagar wajib bobotoh semasa semifinal dan final ISL kemaren dan bahkan sampe jadi trending topic di twitter akhirnya jadi kenyataan. Alhamdulillahirabbil Alamiin.

persibjuara-1

Hatur nuhun Kanote, Ferdinand, Atep, Firman, Made Wirawan, Vujovic, sadayana.. Hatur nuhun pisan… :’). HIDUP PERSIB!!!

Tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Hatur Nuhun Gusti Allah, Persib Juara!

  1. warm says:

    saya gak suka Persib, tapi saya suka blog ini hidup lagi 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *