Sebagai Orang Padang…..

Setelah puluhan tahun hidup dan bergaul sebagai orang Bandung di lingkungan pertemanan yang sangat nyunda, tiba saatnya sedikit berbelok ke budaya leluhur. Enggak, enggak.. Gw tetep ichanx yang fasih berbahasa sunda baik kasar ataupun halus, masih bobotoh persib, dan masih cinta Bandung lahir batin. Tapi, secara nyokap dan almarhum bokap asli Minang, dan gw dikasih jodoh orang Bukittinggi (meskipun dari lahir dia idup di Jakarta), kayaknya secara perlahan jiwa “padang” gw mulai bangkit.

Gak percaya? Coba tanya semua temen gw. Sampai beberapa bulan sebelum nikah, gw anti seanti-antinya ama yang namanya “pedes”. Jangankan rawit, sambel ABC aja udah bisa bikin gw megap2 dan memilih batal makan karena kepedesan. Makan gorengan pun gw gak pernah make cengek (cengek itu dengan rawit sama gak sih?). Sekarang? Itiak lado hijau ala padang, atau bermacam bebek pedes kayak bebek slamet atau kaleyo bisa gw makan abis tanpa minum. Cingcay lah. Eh, kecuali kalo sambelnya pake terasi. Jijik sih itu mah, jadi tetep gak mau.

Di akhir bulan Mei kemaren, gak sengaja ngobrol sama istri tercinta. Gak tau gimana awalnya, tiba2 muncul keputusan “Yuk, kita dagang”. Huanyiiiing. Padang pisaaaaaaan. Lalu mulailah kita iseng-iseng tanya sana-sini, nyari ide sana-sini, sampe akhirnya diputusin buka situs jualan online. Yah, gak mungkin kan buka toko? Selain masalah tempat dan modal, kerjaan kantor gw dan istri begimana coba?

Maka seiring waktu, dimulailah survey situs2 online shop yang ada. Ngereview kelebihan dan kekurangan masing-masing situs, cek ricek harga pasar, cari-cari supplier, dll. Akhirnya, dengan ilmu per-website-an yang minus mulailah dibangun situs online kami *halah kamiiiihhh*, yang dikasih nama Kanishka Shop. Bikin situs ini bener2 dari nol, gak ngerti apa2 tentang Prestashop (nama engine yg gw pake). Pokoknya learning by doing lah. Dari yang mulai error sana-sini, sampai akhirnya sekarang udah lumayan beres. Palingan butuh tambahan2 dikit yang gak terlalu urgent dan bisa dilakuin sambil jalan.

kanishka shop

Jualan bareng istri itu SERU!. 2 minggu sekali (atau bisa kurang kalo kebeneran lagi butuh barang) kita keliling ke supplier2 buat ambil stok barang *kita mutusin megang barang, gak mau sekedar jadi dropshipper doang*. Udah itu jepret-jepret baju yang kita pasangin ke patung manekin pake kamera henpon. Kalo capek, istirahat. Kalo bosen, dipause dulu jepret2nya, dan jalan2 dulu cari makan atau nyari film bagus di XXI terdekat. Nanti kalo udah semangat lagi, baru lanjutin fotonya dan diupload ke situs.

Kalo pembelinya “melek internet” dan belanja modern di internet macam kalo kita belanja di ebay sih enak. Penjual nyaris gak perlu kontak2an sama pembeli. Mereka tinggal pilih barang, mutusin beli, bayar via paypal, kartu kredit, atau transfer bank. Trus konfirmasi (kalo transfer bank) via form konfirmasi. Yang bikin lumayan capek itu, pembeli di Indonesia banyaknya lebih percaya kontak langsung pake SMS/WA/BBM untuk komunikasi. Efektif dan cepat sih. Tapi kan ngabisin waktu kita yak? Secara gw dan istri sama2 ngantor. Hihi.  Untung, sejauh ini masih bisa dihandle.

Hasilnya? Alhamdulillah. Untung sih ya belum lah, secara baru mulai dan budget buat ngiklanin situsnya nyaris gak ada. Yang jelas tiap hari udah ada aja pembeli baru. Bahkan udah ada yang langganan.

Jadi, kalo mau nyari dress, celana, rok, blazer, jersey bola, atau pakaian apapun di internet, mendingan cek di lapak Kanishka Shop dulu. Kali aja ada yang cocok. Kualitas dan harga bersaing lah. *ujung-ujungnya iklan* 😀

Tagged , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Sebagai Orang Padang…..

  1. Dinna says:

    Dihh, dasar si ichannxxx ribettt deh makannya. Eh website lo canggih amet bisa bayar bayar begitu. Ajarin chanx. *ujung-ujungnya ngerepotin*

  2. Alris says:

    Kayaknya orang kepepet yang dipaksa keadaan juga bisa jualan bin dagang, seperti saya dulu. Semoga sukses, Chanx.

  3. zulhaq says:

    Sukses buat bisnis tambahannya!!!

    Gue baru tau kalo lo juga gak suka makanan pedes, sama!!! hahaha…
    Sekarang udah mendingan sih, sedikit terbiasa. *malah curhat*

  4. kang Rahmat says:

    Iseng2 mampir kesini lagi, . . Eh si akang udah jualan aja *ajarindongmentalpadangnyah kang

  5. Psychosocial says:

    udah lama gak maen kesini, akhirnya update juga. tapi kok ujung-ujungnya berbau promo ya? hahaha

  6. warrm says:

    ealah, ternyata…
    betewe sukses ya jualannya, kang ! \m/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *