Fenomena Artis di Politik

Artis terjun ke politik, pantes gak sih? Kalo menurut gw ya wajar-wajar aja. Artis juga warga negara biasa yang punya hak memilih dan dipilih. Di dunia perpolitikan, kita bahkan bisa liat beberapa artis yang “bisa bicara” dan bukan sekedar “penyumbang suara” bagi partai. Bahkan di luar negeri, Amerika tercatat memiliki beberapa Presiden dan Gubernur dengan latar belakang artis dan ternyata mempunyai kinerja yang bisa dibilang bagus.

Setiawan Djodi, Sophan Sopian, Marissa Haque, Rieke Diah Pitaloka, Sys NS, dan beberapa artis lain merupakan contoh artis Indonesia yang sukses berkarir di parpol dan punya kemampuan untuk bicara. Keberhasilan Rano Karno jadi wakil bupati Tangerang dan Dede Yusuf jadi wakil gubernur Jawa Barat juga merupakan bukti bahwa artis mendapat kepercayaan dari masyarakat untuk menjadi pemimpin.

Tapi, ngedenger berita tentang pencalonan Saiful Jamil (mantan suaminya Dewi Persik) untuk jadi calon wakil walikota Serang, gw langsung ketawa ngakak. Kok malah terkesan latah ya? Hihi… Mungkin kalo sekedar jadi caleg di DPRD buat Pemilu menurut gw normal-normal aja, soalnya dia pasti berguna buat kampanye kalo ada hiburan dangdut. Dijamin tempat kampanye bakal rame ama orang yang joged. Tapi jadi calon wakil walikota? Semoga warga Serang mikir masak-masak sebelum milih deh.. hehe…

Oke, kenapa gw meragukan kemampuan Saiful Jamil?

Pengalaman. Saiful belum pernah berkarir di parpol. Dia juga gak punya background ilmu politik sama sekali. Gimana mungkin tiba-tiba dikasih amanah untuk mimpin sebuah kota besar sekaliber Serang?

Usia. Beberapa hari yang lalu, waktu gw memuji pencalonan Dede Yusuf di Pilkada Jawa Barat. Gw berpendapat bahwa negara ini butuh kaum muda sebagai pemimpin. Tapi muda yang kayak gimana? Sebagai pemimpin sebuah kota, usia Saiful yang baru sekitar 28 tahun bagi gw bukan muda, tapi terlalu muda. Mungkin lebih baik kalo Saiful dicalonkan 10-15 tahun lagi supaya dia udah bener-bener mateng. 28 mah hanya setaun lebih tua dari gw atuh… liat gw? Masih ABG kan? hahahaha……

Pandangan politik. Setiawan Djodi, Marissa Haque, Rieke Diah Pitaloka, Sys NS, Rano Karno, dan Dede Yusuf selama ini dikenal orang sebagai artis yang punya pandangan politik sendiri, terlepas dari pro-kontranya. Jadi, ketika mereka dicalonkan, orang udah bisa menilai kira2 gimana sih karakter artis itu, kemampuannya memimpin, dll. Gak blank kayak orang ngeliat Saiful Jamil. Bahkan, kalo artis senior kayak Deddy Mizwar dan Iwan Fals mau terjun ke politik, gw yakin banyak parpol bakal rebutan narik mereka karena kedua artis itu selama ini udah terkenal tentang pandangannya dan sifat kritisnya dalam bernegara.

Pendidikan. Oke, gak semua artis yang terjun ke politik punya titel mentereng kayak Marissa Haque. Tapi, meskipun pendidikan sangat dibutuhkan, toh orang bisa menilai gimana kualitas pemikiran seseorang dari penampilan luarnya. Agus Marto pernah bilang “Gak perlu seorang dokter untuk jadi kepala rumah sakit”. Dalam hal ini gw sepakat, tapi ada perkecualian. Kepala rumah sakit memang gak perlu seorang dokter. Tapi mungkin gak rumah sakit dikepalai ama kuli bangunan? Enggak kan? Tetep ada batasannya. Sama dengan artis yang terjun ke politik. Mungkin kebanyakan artis gak sempet kuliah tinggi-tinggi, tapi dari cara si artis itu ngomong, tingkah lakunya, gayanya, dll kita bisa menilai apakah dia berpendidikan atau enggak.

Btw, inilah demokrasi. Gak ada salahnya mencalonkan Saiful Jamil. Siapapun berhak. Tapi kalo mo jujur sih, gw yakin kalo keputusan PPP nalonin Saiful Jamil hanyalah efek latah akan keberhasilan Rano Karno dan Dede Yusuf, serta ketidakpedean partai tersebut menjaring pemilih sehingga terpaksa nyalonin artis.

Tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

28 Responses to Fenomena Artis di Politik

  1. nida says:

    thanks ,dan numpang copy ya,buat tugas debate saya 🙂

  2. nuraeni says:

    sekarang kasihan bangetz yach,,
    saipul jamil mesti menjalani hukuman gara-gara ada korban dalam kecelakaan itu,,
    apalagi saipul jamil saat itu masih pernikahan yang di hitung masih muda gitu,,
    padahal kecelakaan itu menurut logika murni takdir dari yang maha kuasa,,
    dasar polisi matre,..ech,,,kok jadi curhat tentang saipul jamil yach,,
    he”…
    maaf nich chanx,..
    Mudah-mudahan Politik di negara ini berjalan dengan mulus
    amiin…:)

  3. aBI ZULFIKAR says:

    Wjar2 saja ,mungkin mereka ingin menggunakan hak politik mereka,tetapi kita harus lihat kemampuan dan latar belakang pendidikan nya.

  4. Milena says:

    Wah kalau saya ma setuju aja lagian semua orang punyak hak untuk menjadi wakil rakyat asal aja yang bersangkutan itu pintar dan punya hati – kalo manusia pintar tapi nga punya hati buat memperhatikan rakyat kecil sama aja seperti BINATANG

  5. Zulhaq says:

    Dunia politik memang memiliki ketertarikan sendiri
    yang diminati oleh banyak kalangan termasuk artis

    lah, di tahun 2009 sekarang banyak bgt artis yg terpilih jadi wakil rakyat, semoga mereka bisa menjadi wakil rakyat yg baik

  6. ;)Marissa Haque adalah seorang yang jenius di PPP, coba deh ajak dia diskusi pasti anda ketagihan. Dahulu di PDIP dia dicemburui oleh Megawati si wanita tolol dan Pramono Anung. Apalagi sudah Doktor sekarang. Semoga saja Bachtiar Chamsah dan Suryadharma Ali tidak ikutan mencemburui kecerdasan Marissa. Karena dia akan menjadi salah seorang Presiden Republik Indonesia. Lihat deh 5 tahun lagi sobat!

  7. Senang melihat kecerdasan dan rendah hati seorang Marissa Haque. Ia dan Ikang Fawzi suaminya adalah pasangan artis papan atas yang sangat potensial menjabat sebagai Gubernur, Bupati, walikota, dan sejenisnya. Dia minggu lalu berhasil mendapatkan DOKTOR nya dari PSL IPB, Bogor dengan nilai sangat memuaskan. luar biasa ya? Juga saya pernah jumpa Marissa dan Ikang di FEB UGM sedang kuliah dikelas yang sama dan bangku yang sama. Waddduuuhhhh… kompak amat ya? Marissa Haque adalah artis pertama yang menjadi Doktor di Indonesia.

  8. Marissa Haque adalah salah satu artis papan atas yang sangat potensial menjabat sebagai menteri dan sejenisnya. Dia minggu lalu berhasil mendapatkan DOKTOR nya dari PSL IPB, Bogor dengan nilai sangat memuaskan. luar biasa ya? Marissa Haque adalah artis pertama yang menjadi Doktor di Indonesia.

  9. jeje says:

    mas ichanx, makasih banget buat artikel ini ngebantu gw banget yang lagi nyari artikel buat tugas tentang artis jadi caleg

    ttg saipul jamil: PULANG AJA LO!!!!

  10. Difa says:

    kan ada hadistnya… apabila suatu masalah dikerjakan oleh yang bukan AHLInya, .. tunggu aja deh kehancurannya…

    jadi bt masyarakat Serang, mikir2 lagi deh untuk memilih S. jamil jadi wakil walikota serang..

  11. hendy says:

    artis gak pantes jadi politisi……….mereka gak punya basis tentang ilmu poitik…….kasian kan orang yang udah lama di dunia politik……..profesinya di ambil gitu aja oleh para artis

    —————————————-

    sebenernya gak masalah mas, selama artis itu punya kapabilitas. lagian, politik kan emang harus mewakili semua golongan, dan semua warga negara yang punya kemampuan dan dipercaya masyarakat berhak untuk berpolitik

  12. 'Nin says:

    Tulisan cerdas….
    Seneng ada anak muda yang mau berpikir kritis gini…
    gak cuma mikirin hura-hura doang….
    Terusin berpikir kritisnya ya….

    Tentang SJ, mungkin PPP melihat kalo SJ ini agak hanif.

  13. ichanx says:

    @dian : Artis2 lainnya kan gw ambil sampel secara umum, pokoknya terlibat di perpolitikan. Gw gak spesifik nulisin whether mereka jadi calon/pejabat di eksekutif ataupun legislatif. Hehe. thks buat masukannya

  14. dian says:

    mas ichanx, numpang lewat (gak numpang lewat jg sih, sayah rajin baca blognya mas ichanx kok, tp br kali ini brani komen, hehe..)

    rieke itu menolak dcalonkan jd wakil walikota bandung loh krn merasa kapasitasnya untuk jabatan itu masi kurang, bersamaa dgn saipul djamil (tulisan bnernya gni loh mas ichanx :p) mencalonkan diri jd wakil walikota serang.

    ya olo, prestasi tbesar saipul djamil yg saya tau adalah berhasil menikahi dewi perssik yg naujubile sexy nya.
    milih model rambut dan ukuran baju yg bner aja blom bisa, ini lg sok2an mau mimpin serang.. ampuuuuun

  15. devishanty says:

    iyah aku juga bukan orang yg sinis waktu dede yusuf, rieke dll mencalonkan diri.. yah panteslah..
    tapi saipul jamil itu kan dicalonkan gitu.. gila itu mah aji mumpung pisan buat narik massa.. tapi narik massa juga pilih2 atuh meni saipul jamil pisaaaan ga ada yg laen apa ya

  16. suci says:

    latah sih latah, tapi mbok ya pake aturan..
    tapi saipul emang lagi tenar sih sekarang, secara abis kasus sama mantan istrinya itu. Tapi ya selam ini yang kita liat dari seorang saipul kan cuman ribut2 sama mantan istrinya itu aja.

  17. v1rzh4 says:

    sekarang kan lagi jamannya orang latah… :p

  18. suci says:

    hehe baru tau gw kalo saipul mo maju

  19. vierz says:

    weiss…pake domain sendiri nih skrg 😉 ngikutin gw aja ih, si ichanx! hihih…

    gw aja baru tau dari lo, klo dudanya si dewi persik mencalonkan diri jadi wakil walikota serang, beuh….pengen muntah gw ….:p

  20. Tulisan yang inspiratif. Saya setuju sepertinya keputusan PPP untuk mencalonkan Saiful Jamil sebagai wakil walikota Serang merupakan aksi latah melihat kemenangan Dede Yusuf dan Rano Karno.

    Saya sendiri bukan berarti anti dengan keterlibatan artis di dalam dunia politik, selama itu pilihan rakyat jelas harus dihormati.

    Kemenangan Dede Yusuf dan Rano Karno sendiri merupakan bukti bahwa sebagian rakyat di Indonesia sudah bosan dengan politisi lama dan tua, mereka menginginkan pemimpin yang segar dan muda yang belum terkontaminasi dengan cara-cara politik lama.

    Kedepannya, tampaknya peran generasi muda di kancah politik akan semakin besar. Sebuah kesempatan untuk kita yang masih muda.

    Salam.

  21. senny says:

    bang ipull…. gue nggak ngerti kenapa nih orang bs terpilih jd calon walikota serang…

  22. sybond says:

    Klo maksa, trus ga ada yg milih kan gpp toh?
    yg celaka klo udah maksa masuk politik, trus ada yg milih lagi.. siapa yang latah tuh?

  23. realylife says:

    tidak ada masalah
    asal memang benar2 pintar , bukan pintar membodohi

  24. iebud says:

    sah-sah aja emang… tapi, kumaha atuh-nya heuheuheu *sok hayang seuri wae*

  25. desska says:

    Daripada saiful jamil, gw lebih setuju elo aja yg dicalonin chanx. hehehe..

  26. tatari says:

    ya olloooo..gak da orang lain apa yak

  27. cta says:

    saiful jamil kan ikutan mlm yang sama dengan mamih eike bo.. lumayan menarik massa loh dia..

    tapi plis pisan atulah..

  28. imgar says:

    saiful jamil kan mantan anggota boyband G4UL..ntar orang serang jadi gaul semua kali ya.. :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *