Kalau Saya Jadi Presiden

Sebentar lagi Pemilu. Entah berapa banyak orang yang nyalonin diri jadi caleg. Yang lebih pede dan nyalonin diri jadi presiden juga udah lumayan banyak. Gw cukup sadar diri untuk enggak nyalonin diri jadi caleg ataupun presiden. Ya iya lah, siapa juga yang bakal milih gw? Bahkan nyokap gw juga gak mungkin milih gw kalo gw jadi calon. Hahaha.

Tapi… Seandainya gw jadi presiden nih… Seandainya loh… Yang mana ini jelas gak mungkin… Gw punya beberapa ide “brutal” yang menurut penerawangan gw bakal bikin negara ini lebih gaya, maju, keren, dan punya harga diri yang lebih tinggi.

  1. Nyontek Venezuela.
    Bukan. Bukan masalah cewek. Cewek Venezuela yang cantik mah udah absolut dari sononya. Menurut juri-juri Miss Universe, kita udah jelas kalah mutlak. Tapi yang ingin gw contek adalah gaya si presidennya, Hugo Chavez, yang keren abis. NASIONALISASI! Gila aja, kita punya minyak, tambang, perbankan, telekomunikasi, industri, dll tapi share buat negaranya dikit banget! Bagian terbesar malah diambil ama perusahaan asing. Apalagi pas jaman Mbak Mega dulu, BUMN malah dijual. Huhu. Kalo gw jadi presiden, semua sektor yang menyangkut hajat hidup orang banyak bakal gw nasionalisasiin, at least ngerevisi kontrak kerjasama ama perusahaan-perusahaan asing. Gak takut kita dimusuhin dan investor pada lari? Halah… Cerita lama! Liat di Venezuela. Meskipun udah dinasionalisasiin, ternyata investor di bidang minyak, tambang, perbankan, dll itu gak ada yang lari. Wong, sebenernya perusahaan asing itu tetep untung meskipun perjanjiannya direvisi abis-abisan kok. Yang penting negara dapet untung jauh lebih gede dari yang diterima sekarang.
  2. Nyontek China.
    Bukan. Bukan nyontek masalah paham komunisnya. Itu mah udah ketinggalan jaman. Tapi gw ingin mencontek penerapan hukum di China dalam kasus korupsi. TEMBAK MATI KORUPTOR! Beuh… Keren. Kalo koruptor hanya dihukum penjara, yang mana tiap taun selalu ada remisi, dan di penjara bisa dapet kemewahan karena mampu nyogok, semua orang gak akan takut untuk korupsi. Liat China! Angka korupsinya bisa turun drastis sejak hukuman mati diberlakukan untuk beberapa koruptor kakap. Pokoknya, semua koruptor kudu di DOR!!! Mantap!
  3. Nyontek Iran.
    Bukan. Bukan penerapan negara Islam yang kontroversialnya. Tapi, masalah teknologi NUKLIR. Heh!! jangan underestimate dulu. Nuklir bukan berarti melulu sebagai bom atom yang berbahaya. Nuklir tuh berguna banget untuk pembangkit energi, listrik, medis, bahkan pertanian. Menurut gw, orang yang protes nuklir hanyalah orang bodoh yang kecuci otak karena kasus Chernobyl Rusia dan bom Hiroshima. Liat kenyataannya. Nuklir gak melulu berbahaya. Kasus itu hanya sedikit contoh buruk (bom atom) dan kecelakaan (Chernobyl), sementara contoh positif dari nuklir udah gak kehingga banyaknya. Yang jelas, semua negara yang punya teknologi nuklir adalah negara yang disegani di dunia. Amerika, Prancis, Rusia, China, Israel, India, dll. Indonesia udah punya BATAN sebagai pusat riset nuklir, ilmuwan Indonesia juga udah pinter-pinter. Kita bahkan punya stok uranium di Kalimantan. So, kenapa gak ngembangin teknologi nuklir dengan lebih profesional? Ingin kan punya negara yang dihargai di level internasional?
  4. Nyontek Malaysia.
    Bukan. Nyonteknya bukan dalam hal nyiksa TKI atau nyuri kayu kalimantan. Tapi nyontek masalah pembangunan fondasi ekonominya yang edan, kuat abis! Jangan pernah mau terlibat hutang ama IMF lah, negara donor lah, atau sebangsanya, selama masih ada jalan keluar lain. Malaysia nolak resep-resep IMF waktu krisis 1997-1998, dan hasilnya? Mantap!
  5. Nyontek Afrika Selatan.
    Bukan. Bukan nyontek perilaku penduduk disana yang bikin sekitar 10% penduduknya diperkirakan sebagai pengidap AIDS. Tapi nyontek masalah hebatnya negara itu menerapkan prinsip “bhinneka tunggal ika” setelah berakhirnya era apartheid taun 1994. Keren! Bermacam warna kulit, bermacam agama, bermacam suku bangsa, bisa hidup berdampingan tanpa adanya gesekan-gesekan gak penting kayak di Indonesia. Jadi, gak akan pernah lagi ada konflik kayak di Ambon, Sampit, Palu, dsb. Damai… Damaaaaiiiiiiii…….
  6. Nyontek Jepang.
    Bukan. Bukan nyontek keberhasilan Jepang dalam bidang JAV dengan bintangnya seperti Maria Ozawa, Sora Aoi, atau Reina Matsushima. Itu mah masuk kategori asusila. Tapi gw ingin memompa orang Indonesia biar punya etos kerja yang tinggi, dan bisa seperti Jepang yang hanya butuh waktu beberapa tahun setelah kalah perang untuk bangkit jadi kekuatan ekonomi papan atas dunia. Jepang aja bisa, masa kita enggak?

Demikian ceramah gw hari ini. Mari coblos gw jadi presiden! *nyelipin amplop berisi duit sepuluhribuan ke para pencoblos*. Wakakakakakkk. Semoga mimpi ini bisa terlaksana demi Indonesia yang lebih baik. Dan semoga terlaksananya bukan oleh gw, secara gw gak mau jadi presiden. Gak enak. Harus jaim dimana-mana. Gak bisa nongkrong seenaknya di terminal atau ikut konvoi bobotoh persib…..

Tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

116 Responses to Kalau Saya Jadi Presiden

  1. olvy says:

    aih..aih..
    ternyata biarpun ichanx ga pengen jadi presiden tapi tetep idenya cemerlang lho *maksud loeee*

    gpp lho chanx meskipun kalo jadi presiden masih suka nongkrong kan ntar judulnya sidak ato turba gitu loh hehew 🙂

  2. tyas says:

    waaah idenya keren
    coba aja para calon2 presiden yang terhormat itu baca blog lo *apalagi calon yg uda ngejualin asset negara*
    bukannya malah ribut nge-claim “keberhasilan” lalu2 yang ga tau juga beneran berhasil apa ga

    ud cahnx, lo nyalon aja, gw rela deh ngelepas status golput gw kalo lo beneran nyalon dan commit buat mengimplementasikan program2 tadi…ga pake amplop deh!

    *OOT drtd mau comment tapi liat anti-spam wordnya jadi berubah pikiran….but i can’t afford to comment on this post, nice post!!*

  3. nyong ambon says:

    wkwkwkwkwkkkwkwkw gue suka artikel yu brooo..

    gue jg setuju mah cara lu……. klo aja pemimpin kita mikir n lakuin smua ini… bangsa ini pasti maju………..

    brooo loo pnya almt Fb gue minta,, gue pingin berbgi juga ma loh…

    kita tuh bngsa besar,,, hnya sj sbgn msyrkt kita ga pnya harkat n pola pikir yg besar… taunya cm kritikk,, ngemis2 n cmpurin mslh org.. pdhl msl kita aja ga mmpu kiat urusin…

    n 1 lagi…… yg plg gue ga suka,,,, bngsa ini dah kehilangan arti nasioanalisme,, n arti Bhineka tunggal ika…..

    semoga bngsa ini mau berubah n mr kita ank2 muda yg duluan bergerak

    majukan indonesia kita……

    buat gue” jgn pernah nyanyi lg indonesia raya klo ga phm tentang arti 5 btr pncasila kita

    slm damai…

    cinta nasionalisme

  4. Fairuz says:

    Yes We Can, Kang? He he he… =D

    *sogokannya kurang gede, ah, ga mau milih* :mrgreen:

  5. Sharon says:

    HIDUP ICHANX!!!!!!!

  6. ipi says:

    coba yah..calon2 presiden pemilu nanti pd ngeblog n baca postingan loe yang ini..setidaknya akan menginspirasi mrk klo akhirnya mereka ada yg terpilih.
    uhuy…klo loe ngajuin jd calon presiden
    gw yang ada di barisan pendukung loe deh ;p

  7. budiernanto says:

    ya kalo nyontek yang bagus2 sih gpp, tapi masa nyontek mulu, haha..

    ntar dikenal sebagai negara yang bisanya ikut2an deh.

  8. kips says:

    Boleh jg angan2nya tuh Chanx, siapa tahu aja benar kejadian, tapi banyak yg protes tuh jangan segitu sogokkannya 😀

  9. nengjeni says:

    huh.. belum jadi presiden sudah berani nyelip-nyelipin… nanti saya DOR! lho… 😀

  10. devishanty says:

    jangan jauh2 jadi presiden dulu cang, jadi caleg aja dulu.. ayo kamus egera berkongsi dengan mariana deden..

  11. Balisugar says:

    Chank kalau kamu jadi presiden Internet se Indonesia gratis yah ?

    • ichanx says:

      waduh… rada beurat itu mah teh… bisa didemo abis2an… masak APBN dipake buat subsidi internet? subsidi yang kurang mampu dulu laah 😛

  12. dobelden says:

    wah sepertinya ada tuh capres yg idenya begitu.. si fazrul rahman apa yak klo ndak salah…

    jangan-jangan ide die nyontek dari blog eneh…

    tp emang endonesa inih aneh punya

  13. roded says:

    masih belum ada calon kuat sampai sekarang.
    masih sibuk saling menjatuhkan calon lain.

    lol, btw anti-spam wordnya tadi “sipilis”:))

  14. masrobertk says:

    presiden nyontek yak???

  15. casual cutie says:

    moh presiden sekarang banyak bacotnya

  16. geblek says:

    masak jadi presiden hanya bisa nyontek chanx, apa ndak ada ide yg frash biar negara lain nyontek kekita

    • ichanx says:

      untuk saat ini… rasanya nyontek dulu aja deh… kalo contekannya udah bisa dilaksanain, baru kita bisa bikin negara lain yang nyontek kita… hehe

  17. Cuma amplop 10ribuan??? pindah ke capres sebelah aja deh…hahahaha

  18. boon_chiet says:

    wah.. klo anak muda indonesia berpikir maju seperti ini semua, jamin dech indonesia bakal keluar dari keterpurukan.

    btw, hukuman matinya untuk para koruptor diganti aja (terlalu enak tuh langsung mati), disiksa aja cem jaman PKI
    he.he..he… (koruptor must suffer)

    • ichanx says:

      huaaaaaa kejaaaaaaam. wakawkkawkawk… jangan lah… kalo ngehukum mati pake nyiksa dulu, kita juga jahat dooong 😀

  19. Wempi says:

    kalo ichanx jadi presiden, aliran-aliran sesat bakal menjamur. terutama bankir sesat 😀

  20. manggis says:

    Chanx…ntu namanya Presiden Nyontek aja yaa…he…he…he…
    Moga aja deh…ada presiden yg prinsipnya begitu gih…

    Chanx ni blog baru ku lho…
    Please pointed thats!

  21. zoel says:

    trus yg g’ nyontek apo jo

  22. firman says:

    kalo aku bakal ngapain ya …

  23. sucikeren says:

    Nah! ini baru namanya aliran sesat! gw setuju bgt nih chanx! kalo negara2 itu bisa, kenapa kita nggak!

  24. Epat says:

    nyontek orang jawa…
    fleksibel dan penuh sopan santun…

    *rokokan*

  25. chank…memang keren pemikirannya…cerdas….dukung perubahan…

  26. ICHANX, keluar kelas kamu !! Masa nyontek semua kerjaannya… awkawkkawkaw… :p

  27. adinata says:

    kalo saya jadi presiden, saya angkat ichanx jadi wakilnya, biar dia nanti saya contek … 😀

  28. zhenki says:

    gmn klo kita nyontek surga aja bro…(halah..!! manknya bisa)..kyknya enak bgt degh klo bisa kyk di surgaaaaaa………lam kenal broooo….

  29. alris says:

    Arrrrgh…saya lemes liat perusahaan negara dijual murah-meriah. Kontrak karya yang gila-gilaan menguntungkan pihak luar negeri dan membuat expatriat pesta pora dalam negeri. Pemimpin….mikir gak sih.
    Hidup ichanx…..

    • ichanx says:

      yang udah terjual, ya biarlah… sukur2 kalo bisa dibeli balik… yang penting, yang masih di tangan jangan sampe lepas… dan masalah kontrak karya… beuuh… ini yang harus direvisi abis2an! *berapi-api*

  30. imoe says:

    kalo loe jadi presiden, pasti milih gw jadi mentrinya kan hehehe

    EH BTW AKU LIHAT BUKU LOE YANG BANKIR SESAT DI GRAMEDIA PADANG tadiiii

  31. Juliach says:

    Ngak nyontek perancis ngak?

    yang ada wajib belajar utk semua anak … malah pake dijemputin satu-persatu …

    beasiswa utk SMA & perguruan tinggi tidak hanya utk anak yg pinter … tapi bagi mereka yang mau sekolah tapi lemah finansial …

    • ichanx says:

      waduh, kelewat… kurang referensinya… hihi… emang di prancis gitu ya? keren euy…. *masukin prancis di poin nomor 7*

  32. indra says:

    kampret nih ichanx..kebagian tulisan “hernia”
    magic words nya bagusin dikit napa chanx……

    sebelum jd presiden ke “mak erot” dulu chanx biar ditarik-tarik dulu kepala ichanx supaya tambah encer otaknye…hihihi

  33. achoey says:

    Dukung Ichanx jd Presiden 😀

  34. nararya says:

    blognya keren, mas (or kang). salam kenal 😉

  35. audy says:

    mayaan 10 rebu buat bayar warnet 5 jam….boleh nyoblos 5 kali ga? *rada serius dikit…napa ga nyontek s’pore yang bisa disiplin n bersih? ato kamu juga ga pernah mandi jangan2…ga peduli kebersihan…

  36. mas pram says:

    kebanyakan nyontek nich waktu sekolahnya…cuman klw yang bagus mah gak papa…vote ichanx…sepuluh ribu dolar khan bro??

  37. Kharianto says:

    Wah, mantaf,,, Tetep semangat kang,,,

    Salam kenal yah,,,

    Thanks

  38. aaimz says:

    kalo lo jadi presiden?

    wah,,,boleh aja ce,semua orang punya angan2. tapi jgn cuma jadi doank, tar korupsi,

    ayo berantas korupsi…
    btw, mau dunk buku bankir sesaat,

    bagi2 dunk, biar bisa kut resensi……
    okay2

  39. aliefte says:

    ceramahnya mantap bos… tp apa ada ya para politikus negeri ini yang seberani Hugo Chavez & Ahmadinejad? 😀

    • ichanx says:

      kita dulu punya sukarno… punya hatta… punya natsir… punya agus salim… masa sih gak ada orang yang sekaliber beliau-beliau itu dari 220 juta penduduk indonesia saat ini? pasti ada! cuma mungkin belum muncul aja 🙂

  40. 1nd1r4 says:

    cuma 10 rebu? ogah ah milih kalau cuma segitu amplopannya

  41. Fickry says:

    chanx…gw nitip ya..kalo lu jadi presiden..

    gw mo jadi spokepersonnya…hehee..

    *gw kembali dari hiatuuuuuuuuussss* (bananadance)

  42. bakhrian says:

    akhirnya aku menemukan calon presiden yang memiliki visi dan misi yang jelas

    mudah dipahami
    dan berpihak pada rakyat

    vote for ichanx

  43. bodrox says:

    harusnya memang elo yang jadi presiden besok, Bro…

  44. Danta says:

    Setuju.. apa lagi yang bagian tembak mati koruptor..

    Dooor Dooor Dorr!! Hahahahahahaha.. jadi pingin ngliat gimana.. lucu kali ya.. 🙂

  45. thegands says:

    bro, buku yang kamu tulis itu penerbitnya apa ya? rencananya saya mau beli neh. udah nyampek gak kira2 di medan sini? hehehe….

  46. chatoer says:

    kalo lu jadi capres pas di surat suaranya nama lu jadi “si ganteng maut” atau pria idaman wanitah 😛

  47. Mimin says:

    Km ga nyontek sosok Pak Karmun di Maryamah Karpov. Kalo km kayak dia, tak coblos wis
    lho…

  48. boyin says:

    maap..anu…eh..anu..ulasannya sih bagus tapiiii…nganu..hee..jadi gak enak…….itu loh..alamat webnya yang nama cewek jepang itu loh pak capress…dapet dimana…? haaaa…..boleh tuh…

  49. Andre says:

    wah..betul juga yah..sebaiknya kita mencontoh hal2 positif dari semua negara nih 🙂

  50. hawee says:

    wakakaka…nyontek semua, tapi gak apa2 nyontek yang baikkan bukan nyontek korupsinya

  51. kw says:

    canx, kok blum ada capres yang minat kamu jadi konsultan politiknya ya….? 🙂

    • ichanx says:

      waduh… jangan sampe deh… kasian capresnya… dijamin ditinggal pemilih begitu mereka tau kalo gw jadi konsultannya… ahhahaha

  52. Rian Xavier says:

    setuju deh. Hehehehe.

  53. anny says:

    Ichanx punya wawasan cukup luas ya?
    He..he..kalo ichanx ada kemauan dan bisa berbuat sesuatu buat bangsa ini bukan mustahil ichanx jd presiden 🙂

  54. omiyan says:

    wah hebat bos…gpp saya jadi menkeu nya dah hahahaha

  55. Supermance says:

    jangan lupa , Pemerintah China juga udah ngapusin website2 porno, lah disini, subur mampus …

  56. naki says:

    mana amplopnya chanx ? lmayan niy buat makan siang gw , wkwkwkwkw

  57. tandud says:

    Kerenn cuy,,,,

    Smua emang perlu nyontekk negara laen,,
    Menurut tandud,,, yg paling penting ntu nyontek Iran,,,,

    Hihihi,,,

    Balik yahh ke tandud.wordpress.com

  58. Omen says:

    salam kenal mas !!
    Blog nya bagus deh
    numpang ngikutin yah !!
    yang pasti gw ga bakal milih lo kalao lo beneran nyalonin jadi capres!!!

  59. al-sabaliny says:

    Kayaknya untuk saat sekarang di negara ini presiden seperti itu nggak bakalan lama, lho… Paling nggak nyampe 5 tahun udah turun. Kenapa coba?

    • ichanx says:

      mungkin juga sih… musuhnya di panggung politik pasti banyak, terutama dari orang-orang yang ngejadiin politik sebagai ladang cari duit… tapi, selama niat untuk baik itu ada, pasti ada jalan kok…. 🙂

  60. Andri says:

    wah wah wah…

    siapa yang mau milih icanx jadi presiden..?
    whehehhe..

  61. fragaria says:

    ih… nyontek mulu… untung ga beneran pgn jadi presiden, haha

    salam kenal 🙂

  62. UOHHH, ntar aku milih ichanx dah … ayo kapan ikut pemilihan ini 🙂

  63. mascayo says:

    Chanx nyadar ah …
    nyontex itu ngga baik,
    belajar sendiri knapa?
    Saya kasih waktu lagi buat belajar, inget yaa belajar.
    Besok ulangan lagi, ngga pake nyontex!

  64. latree says:

    *komen antispam: naudzubillah*

    kalau kamu komitmen dengan rencanamu sih ok aja chanx. cuma orang suka lupa kalo udah duduk di kursi presiden. kayanya tu kursi emang bisa bikin amnesia….

    *sepuluh ribu? cuih cuih :P*

  65. thegands says:

    maka saya akan jadi penggerak masssanya.. hayo hayo… coblos nomor -1… maka akan mendapatkan sepasang ayam jago.. ayo sekali lagi, ketik reg spasi coblos spasi -1 dan kirim ke 12345. 50 pengirim pertama akan segera dikirimi paket makanan dari bikini bottom buatan spongebob…. wakakakakak

  66. adipati kademangan says:

    di mana chanx yang harus gw coblos, mana … mana … oo anunya yang dicoblos. sinih biar saya coblos sinih

  67. desty says:

    wah..jangan2 duitnya juga nyontek monopoli a.k.a palsu..hehe

  68. phie says:

    baru berandai-andai kan?
    gw komen serius kl lo udah jadi presiden beneran \m/

  69. Ifa says:

    Yaaah.. kurang chank isi amplopnya, ndak jd nyoblos kamu deh..

  70. d e s says:

    si ichanx hobi nyontek nih ya? 😀

  71. azaxs says:

    Nyontek tak selamanya buruk….
    Hidup Nyontek! 🙂

  72. salsa says:

    ah lu mah tukang contek. 😛

  73. dianapriany says:

    chanx.. nanti klo jadi bikin poster, jangan kaya Ibu Mariana Deden yah… OMAT!!

  74. dah nyalon ajah chanx.., tar gw yang jadi team sukses loe…

  75. rieny says:

    Sangking semangatna nulis ampe salah tuhh…
    Maxutna HASIL PEMIKIRAN getho lho!!! :ops:

    • ichanx says:

      gak selamanya pemikiran original itu bagus… kadang, kita bisa mencontoh pemikiran orang lain selama itu udah terbukti bagus…. 😀

  76. rieny says:

    Yang pasti gw ENGGAK SETUJU BANGET, mas ICHANX JADI PRESIDEN, abizna NYONTEK MELULU seh??? Ayooo… mana dunx hasil PEMIKIRIN yang BRILLIANT darimu mas???? 😉

  77. Syamsul Alam says:

    kurang banyak sogokannya….. wkwkwkkwkwk, tapi meski tanpa sogokan, klo pidato lu kek gini, pasti bakal kepilih nih….. huehuehuehue, wow!! Keren bgt euy…..

    Orang ini melek dunia sekali…… wkwkwkkwkwk…. I love this post…..

  78. bayuhebat says:

    partai mana chanx?

  79. emfajar says:

    kayaknya bentar lagi bakalan ada caleg namanya ichanx 😆

  80. Rizal says:

    wew ,
    mantap lo chanx ,,
    ayo vote ICHANX!!!!
    coblos mata ICHANX!!
    hhe .

    CHANGE!!!

  81. heddy says:

    pokoknya mantab deh ini saranya..woi presidenn..turunn..biar mas ichanx naek..hahahahha

  82. Shino says:

    contekan no 6 keliatan banget “expert” nya ya…
    tapi..setuju banget dengan 6 contekannya….emang Indonesia perlu mencontek mental2 di 6 negara diatas..(kalo analisa lu bener…) *ngarep amplop segera ditangan*

  83. jamil says:

    Mau nyotek ichanx ah… tp bukan kegilaannya dalam ngeblog, hehe.

  84. Chic says:

    chanx bangun chanx!!! banguuuuun!!!!
    (idiot)

  85. Setuju banget … Emang watak Indonesia harus dirubah. Seandainya ada yang bisa saya bantu untuk merealisasikan salah satu aja dari yang diatas, akan saya laksanakan. Saat ini hanya hal-hal kecil yang menyangkut diri sendiri dulu yang bisa saya janjikan. Hidup Indonesia …

  86. sherinesky says:

    setuju sama Siwi!

    chanx, secara lu yang punya ide kayak gini, lu kudu berani dong jalaninnya. kalo ada pemilihan caleg2 gitu, lu ikut chanx,,ntar gw jadi tim suksesnya deh..hahhahahaa..

    VOTE FOR ICHANX!

    ketik: nama umur ichanx
    kirimkan SMS sebanyak-banyaknya ke 1234
    It’s Our Time for Changing, Vote for Ichanx!

    (Tarif Premium: Rp. 4000,-/SMS)

    • sherinesky says:

      maksud gw, gw setuju sama apa yang dikatakan Siwi, tapi gw juga berpendapat, karena lu udah punya konsep bagus untuk jadi presiden, maka sebaiknya lu coba jalanin konsep lu itu..hehehhee *makin ga ngerti*

  87. petra says:

    argh cuman sepuluh ribu harga suara….
    murah kali

  88. lala says:

    *balikin amplop ditambahin receh 2rebuperak pleus selebaran pilih gw jadi presiden*

  89. siwi says:

    7. Nyontek Ichanx
    Bukan. Bukan karena aliran sesatnya. Itu mah semua juga udah tau. Ga seru lagi. Tapi nyontek kesadaran Ichanx untuk ga mau jadi presiden. Andai saja semua orang menyadari kemampuannya dan tidak menghalalkan segala cara untuk dipilih menjadi presiden, pasti Indonesia bebas dari orang2 yang hanya modal duit dan minim kapabilitas.
    *Dapet duit sepuluhribuan dari Ichanx*
    Btw, pantes ga kepilih, angpaunya dikit amat sihh.. 😛

  90. GiE says:

    Jujur gw, chanx….
    Andai2an lu muliaaaaaaaa banget!!!
    Coba kalo luh bener-bener jadi capres?
    WAH… dijamin heboh deh dunia akherat!
    Wakakaka… :mrgreen:

    *main mata buat minta sogokan* 😆

  91. yudi says:

    waktu SD suka nyontek ya chanx 😆

    *nunggu sogokan sepuluhribuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *