Poster Pemilu : Siapakah Mariana Deden?

Pemilu 2009 sebentar lagi. Para caleg dari berbagai partai mulai ngiklanin diri masing-masing. Mulai dari caleg abg bau kencur yang gw jamin gak ngerti apa-apa tentang politik (jadi caleg palingan karena dia artis, atau punya duit), sampe caleg senior yang gak bosen-bosennya untuk duduk di legislatif. Berhubung banyak yang “kurang dikenal” publik, sarana kampanye dengan poster dan gambar muka masing-masing caleg jadi pilihan para caleg itu. Sayangnya, banyak dari caleg itu yang gak sadar bahwa tampang mereka gak enak dipandang, dan malah bikin rusak pemandangan.

Bener itu. Males banget gak sih liat selebaran gak penting dari para caleg gak jelas dimana-mana? Mending kalo cantik kayak Luna Maya. Atau, kalo ganteng kayak gw…. Errggghhhhhhh…. Contohnya gak pas ya? Intinya, kalo iklan seriusan, kan pemasangan poster/banner/billboard bakal “relatif rapih”. Trus, si modelnya juga enak dipandang, atau minimal konsep iklannya jelas. Lah, para caleg ini begimana?

Kalo pembaca blog ini ada yang tinggal di bandung, pasti gak asing lagi dengan foto disamping ini. Gw jamin! Gw udah survei sampe ke pelosok bandung, fotonya udah nempel dimana-mana. Tapi, kalo ditanya “Lo tau orang ini gak sih?”. Gw jamin lagi, bisa-bisa 98 dari 100 orang yang ditanya, bakal menjawab dengan suara bulat : GAK TAU!

Gw termasuk yang 98 orang itu. Gw gak tau siapa ibu-ibu yang jadi caleg DPRD no 1 dari partainya ini. Dari nama yang tertulis, katanya sih namanya Mariana Deden. Emm… Ya berarti namanya Mariana Deden dong ya? Make sense. Rasanya gakmungkin kalo orang bernama Inem Katinem, tapi pasang nama Mariana Deden di posternya.

Caleg DPRD Jawa Barat dari PAN ini adalah caleg dengan jumlah poster terbanyak seantero bandung (menurut gw loh ya, gak ada data statistik yang membuktikannya.. haha). Dengan kata lain, caleg ini juga jadi pengotor dan perusak pemandangan bandung nomor satu! Bayangin, bukan hanya di pinggir jalan, tiang listrik, atau di kolong jembatan aja posternya dipajang. Sampe di dalem komplek rumah gw, bahkan di pager rumah juga ada! Bah! Ngotorin aja! Gimana mo jadi wakil rakyat yang baek kalo belum dipilih aja udah bikin orang sebel?

Buat Ibu Mariana Deden dan simpatisan PAN di bandung : Mohon segera membersihkan polusi kertas yang disebabkan oleh poster/gambar ibu di Bandung segera! Jangan seenaknya ngerusak dan ngotorin kota yang gw cintai ini! Kalo mo keukeuh masang, ya kira-kira dong masangnya!!!!!! Pasang yang rapih, biar keliatan elegan. Dan jangan lupa minta izin dulu ke yang punya rumah kalo mau masang di rumah orang!!!!!! *pundung berat*

Tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

74 Responses to Poster Pemilu : Siapakah Mariana Deden?

  1. irwan says:

    bu mariana kapilih teu sih???

  2. olvy says:

    menurutku mukanya kok persis ibu tiri di tipi2 ya?? uups..

  3. masua says:

    nih ibu caleg apana lia eden ya?

  4. kucha says:

    gak banget jadi caleg,…
    Duch, illfeel bagt gw liatnya,
    muka kayak gt mah cocoknya jadi satpam

  5. aerapianggis says:

    hehehe, bener2 emang poster yg atu ini, pertama pernah gw bahas ma ce gw “Nih manusia jutek bener dah, kagak ada senyum2nya”, kedua gw baca d detik kalo nih poster dah ngelanggar ketertiban, kerapian bla..bla..bla *bayangin sepanjang gazebo isinya dia semua..*, yg ketiga eh nongol d postingannya ichanx, mantap benerr dagh ibu deden mariana ini..ckckc

  6. hevi.fauzan says:

    Pasukan batagor, siap2 bersihkan, hihihi …

  7. syau says:

    mariana deden ya, istrinya Deden Rumaji.. Deden Rumaji itu ketua DPD PAN kota bandung klo gak salah… pernah kena skandal apa gate gituh di bandung. klo gak salah billboardgate… gak tau deh, gw juga denger2 selentingan.. SETUJU!!! klo mau kampanye yg nyentuh rakyat nape, jangan yg aneh aneh.. ngotorin dll.. tapi gw juga gak setuju klo caleg di anggap negatif.. gak semua koq..

  8. e-je says:

    Beneran sumpah dipelosok Bandung, bahkan deket kosan gwa di tamansari juga banyak chanx ni photo, cuman di kosan gwa mah dah di cabut ma temen khakhakhakha…
    tapi beneran SUMPAH JUGA GA KENAL MA NI CALEG!!

  9. dhilacious says:

    hihihi.
    namanya kayak Tuhannya aliran sesat itu kan?
    ๐Ÿ™‚

  10. Harri says:

    mending kang, di gorontalo ada yg lebih lucu lagi posternya.. silahkan klik disini aja ya.. hehehe

  11. ~noe~ says:

    mampir, om
    no urut 1 itu pas belum ada keputusan suara pemilih terbanyak ya. jadi wajar kalo banyak poster dia di mana-mana. sudah telanjur basah menang lelang nomer urut 1, eh nomernya tidak jadi dipakai.

  12. agn says:

    Gan, saya juga baru mau nulis tentang si Mariana Deden.. caleg nomor satu kok di googling dikit yg nongol adalah blog sampeyan.. hahahaha.. kayaknya dia emang gak ada track record sama sekali ya!!

  13. awan says:

    hehehe…. kirain nama lengkapnya lia eden itu..

  14. aminhers says:

    wah ane setuju chanx dengan pendapat nt, akur, bener. belum jadi legislatif dah bikin kotoran di masyarakat !

  15. dikma says:

    Wah SPAMnya Sy dibilang penyakit “AYAN”

  16. heri says:

    ini lagi, pake masang posternya bu mariana deden di blog, ngotor-ngotorin blog ajah

    eh namanya kok rasanya rancu sih, mariana, belakangnya deden, beda banget sama mariana renata, yang ini kan enak ngucapinnya, liat bukanya juga manis

  17. Wah bener bgt tuh….

    Di depok jg sekarang banyak poster2 yang mengganggu pandangan mata..

    Pengen gue sobek2….

    tapi gak enak diliatin orang, hahahah, nanti disangka saingan.

    ๐Ÿ™‚

  18. iya tuh mas ichanx, menjelang pemilu, agaknya baliho politik makin nyampah di mana-mana. tak hanya di bandung, kok, banyak orang tak dikenal tiba2 merasa sok akrab dg rakyat. mengumbar janji2 pula. sungguh tepat kalo diturunin aja tuh balihonya.

  19. anderson says:

    Wah, Ichanx lagi ‘black campaign’ nih..hehehe. Ayo ngaku, caleg mana yg minta elu nyerang Ibu Deden ini? Hehehe… Piss bro… Gw jg eneg liat foto2 orang tak dikenal ngerusak pemandangan kota..

    Btw, thanks dah mampir di blog gue http://www.soyjoy76.wordpress.com, Chanx. I’ll (probably) buy your book, in return.. =)

  20. junjungpurba says:

    dia mah EGP…
    sing penting menang, walau dengan ngotori tempat umum

  21. sucikeren says:

    itu bukan poster gw chanx… bukan!!! beneran!!!

  22. sarah says:

    xixixixi…g bs koment apa2 dah….huahauha…

  23. kucingkeren says:

    yg lbh parah jg ada Chank… masang di belakang mobil, trus jalannya pelan2 lagi, ngalangin aja, udh diklakson teuteup aja ngabadeg, ihh boro2 mo milih dia deh…Trus ada jg tuh pake cewek dg gaya seksi sambil mulutnya monyong (yg ini si dijkt).. hhhh… ada2 aja gaya calo wakil kita ini kalau lg kampanye. apa tdk ada lg cara berkampanye yg lebh berbobot ya? misalnya bikin acara apa kek yg bikin rakyat lbh punya respek…

  24. phie says:

    yaelah ichanx segitunya hihihi
    sabar kang ๐Ÿ˜€

  25. senny says:

    sirik ya chanx?
    soalnya klo muka lo yang ditempel tulisannya bukan caleg tapi buronan pelaku pencabulan anak di bawah umur huehe

  26. gafar says:

    Lagi promosi nech…!???
    sama seperti obat kuat aja,
    pakai promosi segala…
    Kalau berkualitas, tanpa promosi juga orang pasti beli kok….
    he he he…..
    moga aja laku dah…..

  27. mascayo says:

    nih postingan bisa multitafsir dah,
    kalo ngga loe bener-bener sebel, loe emang lagi kampanye juga chanx. ngeduluin bokap ane .

  28. Ane yakin seyakin-yakinnya, Ente dibayar sama Mariana Deden buat ngeposting tulisan ini *minggat nyamber sepeda roda tiga*

  29. vierz says:

    ahhaha betul, tuh ibu dimana2 mukanye..ala poto yonas tea..

  30. vaepink says:

    Secara enggak langsung kang ichanx juga udah iklanin disini hihi… ๐Ÿ˜›

    kenapa yah klo coret coret ditembok enggak boleh tapi klo pasang ‘poster” atau “iklan” ditembok, boleh ๐Ÿ˜€ ???padahal kan sama aja, sama-sama bikin enggak enak diliat (Kotor)…

  31. siwi says:

    Posternya lumayan kok.. Apalagi kalo dibandingin sama cover bukunya Ichanx. Emang ada yang salah ya?

    *Lari sekencang-kencangnya*

  32. anny says:

    Euleuh euleuh, ichanx saha eta Mariana Deden teh? urang mana? dulur ichanx sanes???? ๐Ÿ™‚

  33. carra says:

    deuh… kenapa ga kamu tempel aja tuh chanx fotomu yg sidebar kiri ituh di deket poster2nya sapa tuh… *scroll up* Mariana Dedehhhh… :mrgreen: pasti tanpa hambatan langsung pada dicopotin tuh … hehehehe….

  34. rafa says:

    pemilu nanti milih sapa kang…hihi..

  35. alris says:

    Bocoran. Kata fotografernya pas maneh na di foto lagi nahan boker, wakakaka…*plaak, dijitak barisan muda…*

  36. Rita says:

    Nih Chanx, minum dulu biar ademm….Untuk paragraf pertamanya… hhmmmmm…. dimana-mana : s-a-m-a…..

  37. dEEt says:

    hhmm..
    jgn2 ni malah kampanye terselubung.. :mrgreen:

  38. devishanty says:

    siapanya mariana renata ya cang? jeheuheu

    pengalaman pemilu legislatif periode lalu, orang yg kampanyenya paling gede2an justru ga akan kepilih.. heuheuhe

  39. Shino says:

    Nie ibu cocoknya bukan jadi caleg, tapi jadi pemain antagonis di sinetron….

  40. GiE says:

    Bwahahahaha….
    Ho’oh, chanx…
    Foto caleg eta aya timana-mana euy…
    Bikin jenuh wae mun nempo teh….
    Jeung teu wawuh deuih saha eta teh?
    heheh… :mrgreen:

    Gawekeun geura satpol pp jang ngaberesihkeun spanduk2na… Ngarah aya gawe.. ๐Ÿ˜€

  41. aCist says:

    sama sekali tidak tahu siapa itu Hj. Mariana Deden

  42. Chris says:

    itu yang dipoto, siapanya lia eden ya kira2.. ?? ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

  43. bisa dikentut tuh eh dituntut tuh si deden

  44. adinata says:

    Chanx, kalo fotonya mariana deden di ganti sama poto u semua gimana ??? kayaknya lebih seru nehh

  45. Ly says:

    huehuehueue…. mending foto sayah aja deh kang :p kan lebih sedeeeeepp…. huehue *makanan kalee*

  46. ivycantk says:

    Anjrooot anti spam word-nya meni RABIES!!!

    BTW mendingan juga nempel foto gue ya Chanky…. dari pada si tante jutek ntu…

  47. Adeanto says:

    AIDS luh chanx……hahahha.

    Iya chanx…waktu liburan kemarin gw ke tasik dan disepanjang jalan bandung tasik ada tuh plamplet ibu itu terpasang dipohon2…dan dipake lagi….ngerusak pohon2an aja…..!

  48. annosmile says:

    icanx nggak ikut-ikutan jadi caleg kan??

  49. adipati kademangan says:

    meski mendukung, meski mencela, bagaimanapun juga yang namanya memasang gambar caleg itu berarti mendukung / tim sukses. Gambar bisa dipasang dimana aja, di jalan raya, spanduk, pamflet, tembok, tiang listrik (yang pesing), gerbong kereta, pinggir sungai, di blog … itu semua kampanye , K-A-M-P-A-N-Y-E
    *nuduh sporadis*

  50. dy says:

    iyah…itu ibu-ibu mukanya jutex abis….
    tapi ada yach d suatu daerah gw liat ada caleg yang mencantumkan kalo dia pernah jadi tahanan politik, gede banget pula….orang yang aneh…

  51. Fun says:

    iya nih..disini juga banyak banget poster2 caleg gitu..duuhh jadi berasa sempit banget kota gw deh..gara2 poster merajalela..bener2 pengen hari2 cepat berlalu deh..

  52. kian says:

    di perumahan gw juga banyak poster2 kampanye yang rata2 yang penghuni perumahan gw…jangan2 ibu itu tinggal di perumahan lu chanx..lu kurang gaul kali…kebanyakan ngenet lo

  53. achoey says:

    yayaya
    pas kemarin2 saya ada Rakernas di Bandung
    di jalan saya melihat poster ibu ini ๐Ÿ˜€

  54. yaps…..gw GA KENAL DIA…..

  55. AngelNdutz says:

    Di surabaya lebih tertib kayake tapi gak kalah akal, di bus sama angkot dikasih posternya… ๐Ÿ˜€

  56. Fairuz says:

    Ini ceritanya lagi ikut ngampanyein Ibu Mariana Deden, ya? ๐Ÿ˜›
    Ga cukup liat di seantero Bandung, sampe di blog dipajang juga… ๐Ÿ˜†

  57. Rizal says:

    ini yang bikin gw ga suka politik ..

  58. hedi says:

    belum menjabat sudah melanggar, hidup golput ๐Ÿ˜€

  59. dia says:

    eh om ichanx, si ibu ini cukup cantik tau, pas masih muda pasti penah jadi kembang desa..

    btw, he eh, ni ibu in bandung mukenye ni jalan2 bandung

  60. Berbeda kalo pas masang dirumah kita, kita diberi ‘uang sewa’. Iya khan Chanx?

    Memang aneh2 sajah pemilu kali ini. Poster bertebaran dimana-man. Tak ada yang gw kenal lagi, atau gw ajah yang kurang gaul?

  61. Uchan says:

    Bagusnya sih chanx, tiap poster yg lu temuin digambar kumis2an aja. atau tanduk model setan di kepalanya. Atau ganti2 tulisan di poster jadi, “dukung saya biar bisa ngerasain juga tidur2an di ruang DPR/MPR”

    Wkwkwkwkwk

    Hoekkkk

  62. bayuhebat says:

    anjrit sipilis tah anti spamnya

    *btw busway. profilnya aja gak jelas.

  63. Wempi says:

    ntar habis masa kampanye, yang ketiban sial bersihin tuh poster biasanya satpol pp. caleg ma simpatisannya mana peduli :mrgreen:

  64. bagusrully says:

    myaaaahahahahahaha….. simaneh hoyong jadi caleg teu……. beuh, bodor oge mun aya cale ngaran na SIGANTENG MAUT atawa IDAMAN SEMUA WANITA…. (lmao)

  65. yogie says:

    itulah ruginya sebuah pemilu… parahnya lagi pemilu indonesia itu tidak ramah lingkungan… bayangin… brp rim kertas yg diperluin tiap harinya??? bwt kantor KPU, caleg, ini dan itu???

  66. lala says:

    @shasya, bukan jutek entuh mah.. tapi keur nahan AMBEYEN!

    *antispam si ichanx penyakit pribadi smua gituh..

  67. lala says:

    alesan lu chanx…

    sirik kan.. ngga kebagian space buat pasang poster buku sesat lu ituh…

    *kabuuuurrr

  68. udah gitu mukanya JUTEK abis!
    hauhahahaha……
    sapa jugaaaaa yang mau milih
    hihihihi

  69. sososibuk says:

    ia, bikin kotor aja

    taruhan deh, pasti nanti kalo menang ga menang ga akan di bersiin…

    bikin tambah runyam…

    huh

  70. manggIs says:

    Itu mah fhoto enyak koe, chanx!

    Ntar deh thak bilangin…klo nempel2 gitu (itu namanya banner ya chanx…???) kudu bayar dulu dong…masak kalah sama monyetnya XL….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *